Efektivitas Restrukturisasi Penanganan Kredit Macet Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank BTN Kantor Cabang Jember

Maulidya, Arifah (2023) Efektivitas Restrukturisasi Penanganan Kredit Macet Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank BTN Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulidya Wardatul Arifah_E20191157.pdf

Download (2MB)

Abstract

Maulidya Wardatul Arifah, Dr. Khamdan Rifa’i, SE, M.Si, 2023: Efektivitas Restrukturisasi Penanganan Kredit Macet Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank BTN Kantor CabangJember.
Pengajuan pembiayaan merupakan hal yang wajar dilakukan baik untuk kebutuhan konsumtif. Sebagian besar orang melakukan pembiayaan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Salah satu contoh pengajuan pembiayaan ialah pembiayaan kredit kepemilikan rumah (KPR) yang dilakukan oleh masyarakat bahwa tempat timggal adalah suatu kebutuhan utama yang harus terpenuhi. Perbankan tidak lepas dari hadapan permasalahan, yaitu adanya pula pembiayaan yang bermasalah. Pembiayaan bermasalah diakibatkan pada ketidakmampuan nasabah untuk memenuhi kewajibannya, dan akan membawa dampak pada menurunnya kualitas produk pembiayaan danpendapatan operasional bank.
Fokus yang diteliti pada skripsi ini yaitu: 1). Bagaimana Pelaksanaan Restrukturisasi Penanganan Kredit Macet Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank BTN Kantor Cabang Jember? 2). Bagaimana Efektivitas Restrukturisasi Penanganan Kredit Macet Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank BTN Kantor Cabang Jember?
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1). Untuk mengetahui pelaksanaan restrukturisasi Penanganan Kredit Macet Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank Btn Kantor Cabang Jember. 2). Untuk mengetahui Efektivitas Restrukturisasi Penanganan Kredit Macet Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah Di Bank Btn Kantor Cabang Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta pengambilan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini antara lain: 1) Pelaksanaan restrukturisasi yang dilakukan Bank BTN Kantor Cabang Jember yaitu diawali dengan pihak bank melihat kondisi nasabah kredit macet, pihak bank menawarkan restrukturisasi persyaratan kembali/reconditioning untuk nasabah yang mengalami kesulitan pembayaran, nasabah akan memilih bentuk restrukturisasi sesuai kemampuan nasabah, jika nasabah sudah memilih dari bentuk restrukturisasi maka akan adanya kesepakan atau mengisi perjanjian bersama antara pihak bank dengan pihak nasabah. 2) Efektifitas restrukturisasi penanganan kredit macet dalam pembiayaan kepemilikan rumah di Bank BTN Kantor Cabang Jember ini akan di ukur dengan 5 pendekatan sebagai ukuran efektivitas yaitu pendekatan eksperimental, pendekatan responsif, pendekatan keputusan, pendekatan tujuan dan pendekatan keberhasilan.
Kata Kunci: Efektivitas, Restrukturisasi, Kredit Kepemilikan Rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Restrukturisasi, Kredit Kepemilikan Rumah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ny Maulidya Arifah
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:50
Last Modified: 06 Jul 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25249

Actions (login required)

View Item View Item