Analisis Pembiayaan Perumahan Bersubsidi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Pada Bank BTN Kantor Cabang Jember

Yumainis, Helmi (2023) Analisis Pembiayaan Perumahan Bersubsidi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Pada Bank BTN Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Helmi Yumainis_E20191164.pdf

Download (2MB)

Abstract

Helmi Yumainis, Udik Mashudi S.E, 2023: Analisis Pembiayaan Perumahan Bersubsidi Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah Pada Bank BTN Kantor Cabang Jember.
Kata Kunci: Pembiayaan, Perumahan Subsidi, Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Untuk memenuhi kebutuhan kepemilikan rumah Bank BTN Kantor Cabang Jember menawarkan produk pembiayaan KPR Bersubsidi. Yang mana pembiayaan KPR Subsidi ini bisa menjadi pilihan masyarakat berpenghasilan rendah untuk memiliki hunian tempat tinggal.
Fokus yang diteliti pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana mekanisme pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi bagi nasabah berpenghasilan rendah? 2) Bagaimana analisis manfaat pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi nasabah berpenghasilan rendah?
Tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Untuk mengetahui mekanisme pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bersubsidi bagi nasabah berpenghasilan rendah. 2) Untuk mengetahui analisis manfaat pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bagi nasabah berpenghasilan rendah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumen, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, rangkuman, penyusunan laporan. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data.
Hasil dari penelitian ini antara lain: 1) Mekanisme pembiayaan KPR Subsidi pada Bank BTN Kantor Cabang Jember yaitu melalui beberapa tahapan antara lain tahap persiapan pembiayaan, tahap analisis, tahap taksasi agunan, rapat komite, tanda tangan akad, pencairan dana, dan pembayaran angsuran. 2) Berdasarkan penelitian mengenai nilai manfaat KPR subsidi dapat disimpulkan dalam implementasinya nilai manfaat pada pembiayaan KPR bersubsidi, diantaranya ada pada aspek diri, aspek sosial, aspek kualitas, aspek harga dan efisiensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembiayaan, Perumahan Subsidi, Masyarakat Berpenghasilan Rendah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ny Helmi Yumainis
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:21
Last Modified: 06 Jul 2023 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25250

Actions (login required)

View Item View Item