Pengaruh pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas Bank Victoria Syariah periode 2014-2021

julietha, windha (2023) Pengaruh pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas Bank Victoria Syariah periode 2014-2021. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Windha Julietha_E20191156.pdf

Download (20MB)

Abstract

Windha Julietha, 2023: Pengaruh Pembiayaan Mudharabah dan Pembiayaan Musyarakah Terhadap Profitabilitas Bank Victoria Syariah Periode 2014-2021.
Kata kunci: pembiayaan mudharabah, pembiayaan musyarakah, profitabilitas
Profiitabiiliitas meirupakan salah satu peingukuran bagii kiineirja (peirformancei) suatu bank, yang meirupakan tujuan darii manajeimein peirusahaan deingan meimaksiimalkan niilaii darii peimeigang saham, optiimaliisasii darii beirbagaii tiingkat reiturn, dan miiniimaliisasii riisiiko yang ada.
Rumusan masalah yang diteliti di skripsi ini: 1) Apakah pembiayaan mudharabah berpengaruh terhadap profitabilitas bank Victoria syariah? 2) Apakah pembiayaan musyarakah berpengaruh terhadap profitabilitas bank Victoria syariah? 3) Apakah pembiayaan mudharabah dan musyarakah berpengaruh terhadap profitabilitas bank Victoria syariah?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah terhadap profitabilitas bank Victoria Syariah 2) Untuk mengetahui pengaruh pembiayaan musyarakah terhadap profitabilitas bank Victoria Syariah 3) Untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah dan musyarakah terhadap profitabilitas Bank Victoria Syariah.
Dalam penelitian ini, digunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi atau korelasional. Penelitian ini menggunakan model analisis Regresi linier Berganda, dengan memeriksa empat asumsi klasik, yaitu normalitas, multikolinearitas, autokorelasi, dan heteroskedastisitas. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan Bank Victoria Syariah dalam periode 2014-2021.
Penelitian memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Pembiayaan Mudharabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Profitabilitas. 2) Pembiayaan Musyarakah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Profitabilitas. 3) Pembiayaan Mudharabah, dan Musyarakah secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: miss Windha Julietha
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:26
Last Modified: 06 Jul 2023 03:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25253

Actions (login required)

View Item View Item