Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bentuk Aljabar ditinjau dari Self-Concept Matematis Siswa Kelas VII di SMP NURIS Jember

Oktaviani, Rima Dwi (2023) Analisis Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Bentuk Aljabar ditinjau dari Self-Concept Matematis Siswa Kelas VII di SMP NURIS Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Rima Dwi Oktaviani_T20197009.pdf

Download (8MB)

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan bagaimana siswa menyelesaikan suatu permasalahan dalam matematika. Berdasarkan pra observasi yang dilakukan di kelas VII SMP Nuris Jember diperoleh bahwa keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menyelesaikan soal matematika masih kurang dan selalu menganggap bahwa matematika itu sulit. Berdasarkan pemaparan tersebut, maka diperlukan penelitian untuk menganalisis keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa di tinjau dari self-concept matematis.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menjelaskan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan tingkat self-concept matematis tinggi. 2) Menjelaskan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan tingkat self-concept matematis sedang. 3) Menjelaskan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dengan tingkat self-concept matematis rendah.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui angket self-concept matematis, tes keterampilan berpikir tingkat tinggi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari masing-masing 2 siswa dengan tingkat self-concept matematis tinggi, sedang, dan rendah. Pengambilan subjek dilakukan dengan teknik purposive. Analisis data pada penelitian ini yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Subjek dengan tingkat self-concept matematis tinggi yakni S01 dan S02 memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan proses kognitif yang dapat dilaksanakan berbeda. S01 memenuhi semua indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu indikator menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5), serta mencipta (C6). Sedangkan S02 memenuhi indikator menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5), serta mencipta (C6) pada proses kognitif merumuskan, merencanakan saja. 2) Subjek dengan tingkat self-concept matematis sedang yakni S03 dan S04 memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan proses kognitif yang dapat dilaksanakan sama. S03 dan S04 sama-sama memenuhi indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu indikator menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5), serta mencipta (C6) pada proses kognitif merumuskan, merencanakan saja. 3) Subjek dengan tingkat self-concept matematis rendah yakni S05 dan S06 memiliki keterampilan berpikir tingkat tinggi dengan proses kognitif yang dapat dilaksanakan berbeda. S05 memenuhi indikator keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu indikator menganalisis (C4), dan mengevaluasi (C5), serta mencipta (C6) pada proses kognitif merumuskan saja. Sedangkan S06 memenuhi indikator yang hanya pada indikator menganalisis (C4) pada proses kognitif membedakan, dan mengatribusikan saja.
Kata Kunci: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Bentuk Aljabar, Self-Concept Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Rima Dwi Oktaviani
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:42
Last Modified: 06 Jul 2023 02:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25255

Actions (login required)

View Item View Item