PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH

Afkarina Sofiyatudz, Dzikri (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 JENGGAWAH. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Afkarina Sofiyatudz Dzikri_T20191079.pdf

Download (5MB)

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe TGT merupakan model pembelajaran yang digunakan oleh guru PAI sebagai terobosan dalam menjadikan peserta didik agar memiliki minat membaca pada materi PAI aspek SKI di kelas VIII B. Kendala yang dihadapi oleh guru PAI kelas VIII yaitu peserta didik kurang memiliki minat atau keinginan pada materi PAI aspek SKI. Adapun salah satu faktor yang menyebabkannya yaitu karena kurangnya minat belajar dan ada beberapa peserta didik yang kurang mendapatkan perhatian dari orang tua.
Fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek SKI di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jenggawah? 2) Apa saja kendala-kendala yang diahadapi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek SKI di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jenggawah? 3) Apa saja solusi yang dapat diberikan dalam menghadapi kendala-kendala dalam pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek SKI di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jenggawah?
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mendeskripsikan penerapan, kendala, dan solusi dalam pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) dalam meningkatkan minat baca peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam aspek SKI di kelas VIII B SMP Negeri 1 Jenggawah.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan yaitu analisis menurut Miles and Huberman yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini dapat diambil sebuah simpulan bahwa 1) Penerapan model pembelajaran koopeartif tipe TGT pada materi Pendidikan Agama Islam aspek SKI di kelas VIII B terdiri dari empat langkah yaitu; persiapan penyajian materi, penyajian materi, game dan tournament, dan penghargaan kelompok. 2) Kendala-kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran koopertaif tipe TGT pada mata pelajaran PAI aspek SKI yaitu; kurang membangun ketergantungan positif, belajar bersifat individual, kurangnya sumber belajar, kurang kondusif, pertanyaan terulang, dan kurang percaya diri. 3) Solusi yang dapat diberikan dalam menghadapi kendala-kendala dalam pembelajaran kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran PAI aspek SKI yaitu mengecek pada setiap kelompok, pembagian tugas dalam kelompok, mencari referensi di internet, belajar sambil bermain, penetapan peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk tidak mengulang pertanyaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Afkarina Sofiyatudz Dzikri
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:37
Last Modified: 06 Jul 2023 03:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25258

Actions (login required)

View Item View Item