PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MEMAHAMI INFORMASI PADA KELAS VIII DI SMP PLUS DARUSSHOLAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Hidayat, Hamdan (2023) PEMBELAJARAN IPS BERBASIS LITERASI DIGITAL DALAM MEMAHAMI INFORMASI PADA KELAS VIII DI SMP PLUS DARUSSHOLAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hamdan Hidayat Skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Hamdan hidayat, 2023: Pembelajaran Ips Berbasis Literasi Digital dalam
Memahami Informasi Pada Kelas Viii Di SMP Plus Darussolah Jember Tahun
Pelajaran 2022/2023’.
Makna literasi dapat diartikan bagaimana seseorang berkomunikasi dengan
yang lainnya dalam lingkungan masyarakat. mengemukakan bahwa literasi
merupakan proses yang kompleks yang melibatkan pengetahuan sebelumnya,
budaya, dan pengalaman untuk mengembangkan pengetahuan baru dan
pemahaman yang lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah (1). Bagaimanakah
model dan pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis litersi digital pada Kelas VIII di
SMP Plus Darussolah Jember. (2) Bagaimana kendala-kendala pembelajaran IPS
literasi berbasis digital pada Kelas VIII di SMP Plus Darussolah Jembe. (3).
Bagaimana hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis
litersi digital pada Kelas VIII di SMP Plus Darussolah Jember
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan Bagaimanakah model dan
pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis litersi digital pada Kelas VIII di SMP Plus
Darussolah Jember. (2) Mengetahui Bagaimana kendala-kendala pembelajaran IPS
literasi berbasis digital pada Kelas VIII di SMP Plus Darussolah Jember. (3).
Mengetahui Bagaimana hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran IPS
berbasis litersi digital pada Kelas VIII di SMP Plus Darussolah Jember
Pendekatan yang digunakan dalam peneliti ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penentuan subyek menggunakan teknik
purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, wawancara, dan
Dokumentasi. Analisis data menggunakan model intraktif model Milles dan
Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan.
Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1. Guru perlu
merencanakan tujuan pembelajaran yang jelas, konten yang akan diajarkan, serta
sumber daya digital yang akan digunakan dalam pembelajaran. Perencanaan juga
melibatkan penyesuaian dengan kurikulum dan standar pembelajaran yang berlaku.
2. kendala utama Keterbatasan sumber daya, seperti buku teks yang terbatas,
sumber daya digital yang terbatas, atau fasilitas pembelajaran yang tidak memadai,
dapat mempengaruhi efektivitas pembelajaran IPS. 3. Pembelajaran IPS berbasis
digital dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan literasi digital,
termasuk kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi
(TIK), mengakses, mengevaluasi, dan menggunakan sumber daya digital secara
efektif dan bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160806 Social Theory
Depositing User: Hamdan Dayat Samhadi
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:09
Last Modified: 07 Jul 2023 01:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25275

Actions (login required)

View Item View Item