Tinjauan Kompilasi Hukum Islam (KHI) dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Terhadap Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jember Dalam Menangani Kasus Perebutan Hak Asuh Anak.

KARIMAH, IQLA NUR (2023) Tinjauan Kompilasi Hukum Islam (KHI) dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Terhadap Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jember Dalam Menangani Kasus Perebutan Hak Asuh Anak. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IQLA NUR KARIMAH SKRIPSI FIX POLLL.pdf

Download (3MB)

Abstract

Iqla Nur Karimah, 2023: Tinjauan Kompilasi Hukum Islam (KHI) dan Undang-undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak Terhadap Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jember dalam Menangani Kasus Perebutan Hak Asuh Anak.
Kata Kunci : Kompilasi Hukum Islam, Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), Hak Asuh Anak.

Hak asuh anak merupakan salah satu akibat hukum yang timbul karena perceraian. Permasalahan hak asuh anak menjadi salah satu masalah penting karena berkaitan dengan terpenuhinya hak-hak anak. Salah satu Lembaga pemerintah yang memiliki peran penting terkait pendampingan dalam hal penetapan hak asuh anak adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.
​Fokus penelitian skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) dalam menangani kasus perebutan hak asuh anak? 2) Bagaimana Tinjauan Kompilasi Hukum Islam (KHI) dan Undang-Undang Nomor 35 tahun 2014 tentang Perlindungan Anak terhadap peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Jember dalam menangani kasus perebutan hak asuh anak?
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan terkait peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jember dalam menangani kasus perebutan hak asuh anak. 2) Untuk menjelaskan terkait Peran Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Jember dalam menangani kasus perebutan hak asuh anak jika ditinjau berdasarkan Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dalam hal ini peneliti ingin mengetahui lebih mendalam terkait permasalahan yang sedang terjadi di lapangan (field research), selanjutnya hasil penelitian tersebut disusun secara sistematis dan disajikan dalam bentuk teks deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara sistematis yang dilakukan secara mendalam dan dokumentasi,. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Peran UPTD PPA DP3AKB Jember dalam menangani kasus perebutan hak asuh anak adalah melakukan pendampingan kepada para pihak yang berselisih terkait hak asuh anak. 2) Berdasarkan tinjauan Kompilasi Hukum Islam dan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, peran UPTD PPA DP3AKB dalam menangani kasus perebutan hak asuh anak didasarkan pada aturan hukum di atas agar hak-hak anak dapat terjamin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180118 Labour Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180119 Law and Society
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180128 Islamic Family Law > 18012813 Hadhanah (Child Custody, Guardianship)
Depositing User: Ms. Iqla Nur Karimah
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:14
Last Modified: 14 Jul 2023 03:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25281

Actions (login required)

View Item View Item