IMPLEMENTASI AKAD SYARIAH DALAM JUAL-BELI PADI BASAH DENGAN SISTEM TEBASAN DI DESA WRINGINTELU KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER

Ihsan, Barqil (2023) IMPLEMENTASI AKAD SYARIAH DALAM JUAL-BELI PADI BASAH DENGAN SISTEM TEBASAN DI DESA WRINGINTELU KECAMATAN PUGER KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
BARQIL IHSAN NIM. E20182208 WATERMARK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Barqil Ihsan, M. Saiful Anam, S.Ag., M.Ag. 2023: Implementasi Akad Syariah Dalam Jual Beli Padi Basah Dengan Sistem Tebasan Di Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Tebasan adalah memborong hasil dari tanaman ketika masih belum dipetik atau belum dipanen. Dalam bahasa arab sistem tebasan disebut juzaf yang artinya jual beli tanpa menimbang atau menakar. Juzaf secara bahasa artinya adalah mengambil dalam jumlah banyak. Musim panen. Mekanismenya yaitu ketika hampir musim panen tiba, para petani mencari penebas (pedagang) untuk menawarkan hasil tanaman padinya, setelah itu penebas (pedagang) mengecek ke sawah untuk melihat padinya, lalu bernegosiasi dan memberi uang panjar (uang muka).
Fokus penelitian: (1) Bagaimana mekanisme jual beli padi dengan sistem tebasan di Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember. (2) apakah faktor yang melatar belakangi jual beli padi dengan sistem tebasan di Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Tujuan penelitian dalam srkipsi adalah: 1) untuk mengetahui mekanisme jual beli padi basah dengan sistem tebasan di Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui faktor yang melatar belakangi jual beli padi basah dengan sistem tebasan di Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Dengan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan jual beli padi basah dengan sistem tebasan yang terjadi di Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan faktor yang melatar belakangi jual beli padi basah dengan sistem tebasan di Desa Wringintelu Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

Kata kunci: Akad Syariah, Jual Beli, Sistem Tebasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Man Barqil Ihsan
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:21
Last Modified: 06 Jul 2023 06:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25287

Actions (login required)

View Item View Item