Implementasi Metode Think Talk Write pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember

Azzahro, Shela indana zulfa (2023) Implementasi Metode Think Talk Write pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
shela indana zulfa - watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

Think talk write adalah sebuah metode yang cocok untuk digunakan di dalam kelas agar peserta didik menjadi aktif. Metode think talk write sendiri dimulai dari berfikir, mengkritisi, dan mencari solusi melaui bahan bacaan (think), selanjutnya berbicara dengan melakukan diskusi, presentasi (talk), dan terakhir menulis laporan hasil diskusi (write). Dengan penggunaan metode ini siswa dapat bebas berfikir, dan dapat mengungkapkan ide-idenya, sehingga pembelajatan menjadi lebih efektif.
Fokus penelitian yang diteliti diantaranya: 1) Bagaimana pelaksanaan berfikir (think) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember?. 2) Bagaimana pelaksanaan berdiskusi (talk) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember?. 3) Bagaimana pelaksanaan mengasosiasi (write) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember?.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jenis penelitiannya yaitu studi kasus. Penentuan subjek menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yang terdiri 4 komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah: 1) Kegiatan persiapan dalam metode think talk write pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember dilakukan dengan tahap-tahap yaitu a) mempersiapkan peserta didik. b) menuliskan/ membacakan tujuan pembelajaran. c) mengingat materi sebelumnya. d) membagi peserta didik dalam kelompok kecil. e) memberikan lembar tugas lembar kerja kepada peserta didik. 2) Kegiatan pelaksanaan metode think talk write pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember dilakukan dengan cara a) mengarahkan peserta didik untuk merumuskan masalah yang diberikan secara individu melalui membaca. b) peserta didik melakukan diskusi dengan kelompok, dan bisa bertanya kepada guru. c) setiap kelompok memiliki perwakilan menyajikan hasil yang telah didiskusikan. 3) Kegiatan Kesimpulan metode think talk write pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK 1 Pancasila Ambulu Jember dilakukan dengan cara a) membuat kesimpulan/rangkuman atas materi yang di dapatkan b) hasi di setorkan kepada guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Depositing User: Mrs Shela indana zulfa Azzahro
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:45
Last Modified: 06 Jul 2023 04:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25291

Actions (login required)

View Item View Item