Analisis Keputusan Penabung Memilih Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) di Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Jenggawah

Nabilatuz, Zahro (2023) Analisis Keputusan Penabung Memilih Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) di Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Jenggawah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Nabilatuz Zahro E20191070.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nabilatuz Zahro, Khamdan Rifa’i, 2023: Analisis Keputusan Penabung Memilih Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) di Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Umat Jawa Timur Cabang Jenggawah

Kata kunci: Keputusan Penabung, Wadi’ah, hadiah

​Sebuah produk tabungan yang dikeluarkan BMT NU Jawa Timur yang tergolong baru adalah Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH), produk ini merupakan sebuah tabungan unik karena memperoleh hadiah pada saat awal pembukaan tabungan, tetapi tabungan ini mempunyai beberapa ketentuan salah satunya adalah nominal pembukaannya, dengan ketentuan ini membuat tidak semua orang bisa memilih produk ini. Oleh karena itu penelitian ini ditujukan untuk mengetahui beberapa faktor penentu penabung memilih produk ini dan apakah keunikan tabungan ini yaitu hadiahnya menjadi faktor yang paling utama.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana keputusan penabung memilih Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH)? dan 2) Apa saja faktor paling dominan yang mempengaruhi penabung memilih tabungan SAJADAH di Baitul Maal Wat Tamwil Nuansa Umat Timur Cabang Jenggawah ?
Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui keputusan penabung memilih Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) dan hadiah lah yang menjadi faktor utama pemilihan Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH)
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis field research. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, para penabung Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) mengetahui produk ini kebanyakan dari promosi yang dilakukan di lapangan oleh pengelola BMT NU, kemudian faktor yang mempengaruhi adalah faktor ekonomi dan faktor pemberian hadiah menjadi salah faktor yang paling dominan, ada juga yang dipengaruhi oleh faktor keluarga, faktor promosi, dan faktor keamanan karena uang yang ditabungkan dalam tabungan ini nominalnya cukup banyak. Dan benar hadiah merupakan faktor utama penentu penabung memilih produk Simpanan Berjangka Wadiah Berhadiah (SAJADAH) ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ny Nabilatuz Zahro
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:00
Last Modified: 06 Jul 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25295

Actions (login required)

View Item View Item