BERITA MEDIA MASSA SEBAGAI KONTROL SOSIAL MASYARAKAT KABUPATEN JEMBER (Analisis Wacana Kritis Teun Andrianus Van Dijk Pada Rubrik Spotlight Koran Jawa Pos Radar Jember Edisi Desember 2022 – Januari 2023)

Septiawan, Dwi Cahyo (2023) BERITA MEDIA MASSA SEBAGAI KONTROL SOSIAL MASYARAKAT KABUPATEN JEMBER (Analisis Wacana Kritis Teun Andrianus Van Dijk Pada Rubrik Spotlight Koran Jawa Pos Radar Jember Edisi Desember 2022 – Januari 2023). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Septiawan Dwi Cahyo_D20191040.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh wacana upaya Media Massa menjalankan perannya sebagai kontrol sosial terhadap problematika di Kabupaten Jember, melalui berita yang disajikan dalam rubrik spotlight Koran Jawa Pos Radar Jember. Dimana rubrik spotlight menjadi berbeda dari Koran pada umumnya namun tetap memiliki daya tarik melalui isi yang padat dan lengkap, di kala kecepatan informasi melalui media online.
Fokus penelitian ini: 1) Bagaimana Analisis wacana Kritis pemberitaan yang konstruksi dan disajikan pada rubrik spotlight di Koran Jawa Pos Radar Jember dalam perannya sebagai kontrol sosial masyarakat di kabupaten Jember? 2) Bagaimana media memproduksi berita pada rubrik spotlight melalui wacana yang terkandung dalam teks, kognisi dan konteks beritanya?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis wacana kritis pemberitaan yang di konstruksi dan disajikan pada rubrik spotlight di Koran Jawa Pos Radar Jember dalam perannya sebagai kontrol sosial masyarakat di kabupaten Jember. 2) Menganalisis wacana yang terkandung dalam teks, kognisi dan konteks berita yang di produksi oleh Jawa Pos Radar Jember pada rubrik spotlight di Koran.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya menggunakan analisis wacana kritis milik Teun Andrianus Van Djik dengan tiga elemen: teks, kognisi sosial, dan konteks sosial. Bersifat deskriptif. Yakni menganalisis berita Media Massa sebagai kontrol sosial masyarakat kabupaten Jember pada rubrik spotlight Koran Jawa Pos Radar Jember edisi Desember 2022 - Januari 2023).
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Pada elemen teks terdapat makna dari setiap judul dan isi pemberitaan yang disampaikan, mulai latar belakang hingga grafis yang dipakai dalam penulisan berita yang dimuat pada rubrik spotlight Koran Jawa Pos Radar Jember merefleksikan problematika kehidupan di Kabupaten Jember. 2) Kognisi sosial yang di sampaikan rubrik spotlight melihat realitas problematika di Kabupaten Jember yang perlu untuk di kritisi dan dianalisa lebih mendalam untuk memberikan solusi akan permasalahan melalui runtutan isi dalam rubrik spotlight yang lengkap terhadap problematika di masyarakat. 3) Elemen konteks sosial menyimpulkan wacana yang berkembang di masyarakat yaitu, isu-isu yang diberitakan oleh Jawa Pos Radar Jember adalah suatu kebenaran dan fungsi kontrol sosial berita Media Massa tersebut sejalan dengan keluh kesah masyarakat Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Depositing User: Skripsi Septiawan Dwi Cahyo
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:25
Last Modified: 06 Jul 2023 06:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25303

Actions (login required)

View Item View Item