Peran sistem informasi akuntansi guna pengambilan keputusan investasi dalam perspektif ekonomi Islam di KSPPS BMT Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi

Jannah, Miftakhul (2023) Peran sistem informasi akuntansi guna pengambilan keputusan investasi dalam perspektif ekonomi Islam di KSPPS BMT Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Miftakhul Jannah watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Miftakhul Jannah, Dr. M.F. Hidayatullah, S.H.I., M.S.I, 2023: Peran Sistem Informasi Akuntansi Guna Pengambilan Keputusan Investasi Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Baitul Maal Wa Tanwil (KSPPS BMT) Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi.
Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) Baitul Maal wat Tanwil (BMT) adalah suatu lembaga atau pihak yang mempunyai tugas khusus menangani segala harta umat, baik berupa pendapatan maupun penegeluaran. BMT juga dapat diartikan sebagai lembaga sosial untuk menyalurkan zakat, infaq dan shadaqoh atau sebagai lembaga amil saja. Ketidakstabilan investasi aktiva tetap pada suatu perusahaan akan mempengaruhi laba diperusahaan tersebut, jika ada suatu aktiva tetap yang sudah habis masa pakainya dan rusak, lalu aktiva tersebut belum diinvestasikan maka manajemen dalam suatu perusahaan kuranng baik, harusnya setiap aktiva tetap diinvestasikan agar jika aktiva tetap tersebut sudah habis masa pakainya, dapat diganti dengan yang baru, sehingga pelaksanaa operasional dan produktivitas perusahaan dapat berjalan dengan baik.
Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana peran sistem informasijakuntansijguna pengambilan keputusan investasi di KSPPS BMT Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi? 2) Apakah pengambilanl keputusanlinvestasildilKSPPS BMT Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi sudah sesuai perspektif ekonomi islam ?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini: 1) Penelitiani inil bertujuanl untuk mengetahuii peran sisteml linformasi akuntansij gunal pengambilanl keputusanl investasil di KSPPS BMT Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi. 2) Untuks mengetahui pengambilanl keputusani investasij di KSPPS BMT Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi sudah sesuai perspektif ekonomi islam.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penelitian ini: 1) peran sistem informasi akuntansi di KSPPS BMT Al Yaman sangat penting dilakukan oleh pihak manajemen, agar pengambilan keputusan investasi tidak mengalami kesalahan yang akan mengakibatkan kerugian bagi instansi. Peran sistem informasi akuntansi berperan sebagaimana teori peran SIA yang dikemukakan. 2) Pengambilan keputusan investasi di KSPPS BMT Al Yaman Wringinputih Muncar Banyuwangi sudah sesuai persepektif ekonomi islam.

Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi, Pengambilan Keputusan, Investasi Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs Miftakhul Jannah
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:35
Last Modified: 06 Jul 2023 06:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item