ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) UNTUK MEWUJUDKAN GREEN ACCOUNTING DI DESA SUKOSARI KECAMATAN TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO

MOCH. FARIZ, ROFIKOH RIZKI (2023) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI LINGKUNGAN PADA BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) UNTUK MEWUJUDKAN GREEN ACCOUNTING DI DESA SUKOSARI KECAMATAN TAMANAN KABUPATEN BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Fariz Rofikoh Rizki.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK
Moch. Faris Rofikoh Rizki, Munir Is’adi, 2023: “Analisis Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk Mewujudkan Green Accounting (Studi Lapangan Di Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso”.
Kata Kunci: Akuntansi Lingkungan, Badan Usaha Milik Desa, Green Accounting.
Badan usaha milik desa (BUMDes) di Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso dengan salah satu tipe usaha penyewaan alat musik dan terop, dari aktivitas tersebut pasti jadi tugas tertentu untuk pihak BUMDes buat gimana bisa mengelola biaya penyewaan alat musik dan tenda yang dapat dijadikan sebagai usaha yang bermanfaat bagi desa sendiri maupun masyarakat luas. Alibi melaksanakan riset di BUMDes Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso karena yang awal mengenali apakah akuntansi lingkungan telah diterapkan di BUMDes Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso serta yang kedua buat mengenali Kendala yang dihadapi pemerintah Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) untuk Mewujudkan Green Accounting Di Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso?, 2) Apakah ada Kesesuaian Proses Indentifikasi, Pengukuran, Pengakuan, Penyajian, dan Pengungkapan Yang Diterapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk Mewujudkan Green Accounting di Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan Akuntansi Lingkungan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Untuk Mewujudkan Green Accounting Di Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso dan Kesesuaian Proses Indentifikasi, Pengukuran, Pengakuan, Penyajian, dan Pengungkapan Yang Diterapkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk Mewujudkan Green Accounting di Desa Sukosari Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan observasi non-partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa BUMDes Rama Wijaya telah mengupayakan berbagai hal untuk merawat dan melestarikan lingkungan disekitar dengan berbagai kegiatan yang telah direncanakan secara khusus seperti perbaikan irigasi dan penanaman bibit pohon untuk tetap menjaga keasrian lingkungan disekitar BUMDes. BUMDes Rama Wijaya belum menerapkan akuntansi lingkungan hal ini dibuktikan belum ada laporan biaya-biaya lingkungan secara khusus seperti yang telah diidentifikasi oleh Hansen dan Mowen yaitu klasifikasi biaya lingkungan meliputi biaya pencegahan, biaya deteksi, biaya kegagalan internal dan biaya kegagalan eksternal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150110 Governmental Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: mr MOCH FARIZ ROFIKOH RIZKI
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:13
Last Modified: 07 Jul 2023 01:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25312

Actions (login required)

View Item View Item