PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS DAN LINGKUP PERTEMANAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FEBI UIN KHAS JEMBER)

MAULIDA, Riski and UNSPECIFIED (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN SYARIAH, RELIGIUSITAS DAN LINGKUP PERTEMANAN TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN BANK SYARIAH (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FEBI UIN KHAS JEMBER). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RISKI MAULIDA_E20191202.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Riski Maulida, Dr. H. Fauzan, S. Pd., M. Si, 2023: Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas dan Lingkup Pertemanan Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Tabungan Bank Syariah.
Kata Kunci: Literasi keuangan syariah, religiusitas, lingkup pertemanan, minat penggunaan.
Fenomena di Indonesia masih banyak masyarakat yang belum menggunakan lembaga perbankan syariah dalam bertransaksi dalam kehidupan sehari-hari dan masih menggunakan jasa keuangan konvensional yang didalamnya terdapat riba yang dilarang oleh Al-quran. Mahasiswa mempunyai literasi keuangan syariah yang baik karena dalam pada mahasiswa FEBI terdapat kurikulum ekonomi syariah. Seharusnya dengan literasi yang demikian dapat menarik minat mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah. Beberapa faktor yang diduga memperngaruhi fenomena tersebut dalam penelitian ini yaitu literasi keuangan syariah, religiusitas dan lingkup pertemanan.
Adapun rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu: 1. Apakah literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah? 2. Apakah religiusitas berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah? 3. Apakah lingkup pertemanan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah 3. Apakah literasi keuangan syariah, religiusitas dan lingkup pertemanan berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah?
Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, religiusitas dan lingkup pertemanan terhadap minat mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatory research. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Analisis data diolah dengan IMB SPSS Statistic 23 Populasi yang digunakan sebanyak 756 mahasiswa dan sampel yang digunakan yaitu 89 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dalam melakukan uji keabsahan data.
Hasil pengujian ini secara parisal menunjukkan bahwa: 1) Literasi keuangan syariah berpengaruh terhadap minat mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah dengan nilai t-hitung sebesar 2,738 > 1,988 t-tabel, dengan derajat signifikansi t 0,008 < 0,005. 2) Religiusitas berpengaruh terhadap mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah dengan nilai t-hitung sebesar 3,670 > 1,988 t-tabel, dengan derajat signifikansi t 0,000 < 0,05. 3) Lingkup pertemanan berpengaruh terhadap minat mahasiwa menggunakan produk tabungan bank syariah dengan nilai t-hitung sebesar 2,417 > 1,988 t-tabel, dengan derajat signifikansi t 0,018 < 0,05, dan secara simultan 4) Literasi keuangans yaraiah, religiusitas dan lingkup pertemanan berpengaruh terhadap mahasiswa menggunakan produk tabungan bank syariah dengan nilai F-hitung18,361dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,005.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: maulida riski
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:38
Last Modified: 06 Jul 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25313

Actions (login required)

View Item View Item