PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN HASIL HUTAN MANGROVE DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SUMBEREJO KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER

Handoko, Dwi (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN HASIL HUTAN MANGROVE DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA SUMBEREJO KECAMATAN AMBULU KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
skripsi dwi handoko.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dwi Handoko: Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Hasil Hutan Mangrove Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember
Indonesia merupakan negara maritim dengan wilayah laut dan pesisir yang sangat luas. Kondisi tersebut memerlukan adanya pengelolaan secara bijaksana setiap sumber daya yang ada untuk menjaga lingkungan tetap lesatari dan dapat memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat. Sumber daya tersebut diantaranya adalah hutan mangrove yang berperan penting baik dalam aspek lingkungan, sosial dan perekonomian. Namun ada banyak permasalahan terkait adanya hutang mangrove, mulai dari kesadaran masyarakat hingga adanya eksploitasi sumber daya. Berdasarkan hal itu, KUB Lumba-lumba ingin untuk tetap menjaga lingkungan sekaligus melakukan pemberdayaan kepada masyarakat terkait arti penting kawasan hutan mangrove terutama dalam asperk perekonomian.
Fokus penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana Proses Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Hutan Mangrove Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember? 2) Bagaimana dampak dari Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Hutan Mangrove Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana Proses Pelaksanaan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Hutan Mangrove Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. 2) Untuk mendeskripsikan dampak dari Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Hutan Mangrove Dalam Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Di Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian yakni penelitian lapangan menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) wawancara, dan 3) Dokumentasi. Keabsahan data pada penelitian ini terdapat dua macam yaitu: 1) Triangulasi Teknik, dan 2) Triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberdayaan masyarakat di Desa Sumberejo Kabupaten Jember oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Lumba-lumba. Mencakup beberapa program yaitu perencanaan program yang berfokus terhadap pengembangan sektor pariwisata, pelaksanaan program yang mencakup pemberdayaan anggota, penanaman mangrove beserta pengolahannya, dan sinergitas dengan instansi lain, serta evaluasi berkelanjutan melaui musyawarah rutinan. Adapun dampak pemberdayaan masyarakat di Desa Sumberejo Kabupaten Jember oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Lumba-lumba diantaranya yaitu meningkatkan kemandirian ekonomi dan hasil laut, terbangunnya kerja sama dengan banyak instansi, adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan dan kualitas masyarakat terutama dalam bidang perawatan dan pengelolaan mangrove.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0705 Forestry Sciences > 070504 Forestry Management and Environment
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: mr dwi handoko
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:28
Last Modified: 06 Jul 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25319

Actions (login required)

View Item View Item