ANALISIS KEPATUHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN MASYARAKAT DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI TAHUN 2019-2021

Soleha, Noviatus (2023) ANALISIS KEPATUHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN MASYARAKAT DESA PETUNG KECAMATAN BANGSALSARI TAHUN 2019-2021. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JEMBER KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NOVIATUS SOLEHA_E20193084.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Noviatus Soleha, Dr. Hj. Nurul Setianingrum, S.E, M.M 2023: Analisis Kepatuhan Pajak Bumi Dan Bangunan Masyarakat Desa Petung Kecamatan Bangsalsari Tahun 2019-2021.
Kata kunci : Kepatuhan wajib pajak, PBB
Kepatuhan Wajib Pajak merupakan perilaku yang didasarkan pada kesadaran wajib pajak terhadap kewajibannya membayar pajak dengan tetap berlandaskan pada peraturan perundang-undangan yang telah di tetapkan. Maka dari itu kepatuhan membayar PBB akan meningkat apabila wajib pajak mempunyai tingkat kesadaran yang tinggi dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan di desa petung kecamatan bangsalsari tahun 2019- 2021? 2) Apa saja faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan di desa petung kecamatan bangsalsari? 3) Upaya apa yang dilakukan oleh kantor desa petung untuk dapat meningkatkan kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan masyarakat desa petung?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Untuk mengetahui kepatuhan pajak bumi dan bangunan. 2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepatuhan pajak bumi dan bangunan di desa petung kecamatan bangsalsari. 3) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan kantor desa petung untuk dapat meningkatkan kepatuhan pajak bumi dan bangunan.
Penelitian ini dilakukan di kantor desa Petung kecamatan Bangsalsari dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif. Subyek penelitian diambil dengan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Tahap-tahap penelitian yang dilakukan yakni tahap pra lapangan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian.
Kepatuhan pajak bumi dan bangunan di desa Petung kecamatan Bangsalsari tahun 2019-2021 mengalami penurunan karena realisasi penerimaan pembayaran pajak kurang dari target yang ditetapkan. faktor yang mempengaruhi kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak bumi dan bangunan yang 1) Tingkat kesadaran wajib yang rendah. 2) Tingkat pengetahuan yang rendah. 3) Pendapatan wajib. Keempat sanksi atau denda. Upaya yang dilakukan kantor desa untuk meningkatkan kepatuhan membayar pajak bumi dan bangunan yang pertama melakukan sosialisasi atau penyuluhan kepada wajib pajak. Kedua meningkatkan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat desa Petung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150107 Taxation Accounting
Depositing User: Soleha Noviatus
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:13
Last Modified: 07 Jul 2023 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25324

Actions (login required)

View Item View Item