PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI SISWA DISABILITAS NETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI JEMBER

Syahidah, Muayyinatus (2023) PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI DIRI SISWA DISABILITAS NETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUAYYINATUS SYAHIDAH_D20193013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Peran Guru, Potensi Diri, Disabilitas Netra
Potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh individu
baik secara fisik maupun mental yang memiliki kemungkinan untuk
dikembangkan dengan cara pelatihan serta adanya dukungan dan sarana yang
memadai. Mengembangkan potensi diri dilakukan semua orang tidak terkecuali
disabilitas netra. Pengembangan potensi juga seringkali dibarengi dengan rasa
tidak percaya diri.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana
gambaran potensi diri siswa disabilitas netra di SLB Negeri Jember? 2)
Bagaimana peran guru dalam mengembangkan potensi diri siswa disabilitas netra
di SLB Negeri Jember? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam
mengembangkan potensi diri siswa disabilitas netra di SLB Negeri Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui potensi diri siswa
disabilitas netra di SLB Negeri Jember, 2) Untuk mengetahui peran guru dalam
mengembangkan potensi diri siswa disabilitas netra di SLB Negeri Jember, 3)
Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan
potensi diri siswa disabilitas netra di SLB Negeri Jember
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian
ditentukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui
observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles
dan Huberman dengan langkah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan
triangulasi teknik.
Penelitian memperoleh kesimpulan 1) Siswa disabilitas netra di SLB
Negeri Jember dalam proses mengembangkan potensi diri yang difokuskan pada
hasil prestasi non akademik. 2) Peran guru dalam mengembangkan potensi diri
melalui program khusus disabilitas netra dan ekstrakulikuler secara konsisten
untuk mengembangkan potensi siswa. 3) Faktor pendukungnya adalah kemauan
anak dan lingkungan sekolah, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang
maksimalnya dukungan dari keluarga, dan pandangan masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms. Muayyinatus Syahidah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:16
Last Modified: 06 Jul 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25328

Actions (login required)

View Item View Item