PERAN DUKUNGAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DISABILITAS NETRA YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI JEMBER

Fadilla, Fanny (2023) PERAN DUKUNGAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN ANAK DISABILITAS NETRA YANG BERSEKOLAH DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FANNY FADILLA_D20193022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Dukungan Orang Tua, Kemandirian, Anak Disabilitas Netra
Anak disabilitas netra merupakan anak yang mengalami hambatan penglihatan sehingga berdampak langsung maupun tidak langsung bagi perkembangannya. Dampak nyata dari ketunaan tersebut adalah keterbatasan/kehilangan alat orientasi yang utama yakni kesulitan dalam melakukan mobilitas sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi kemandirian anak disabilitas netra. Maka dari itu, diperlukan dukungan yang maksimal bagi anak disabilitas netra agar mampu mengembangkan kemampuan kemandiriannya.
Fokus masalah yang menjadi perumusan masalah dalam skripsi ini ialah: 1) Bagaimana gambaran kemandirian anak disabilitas netra yang bersekolah di SLBN Jember? 2) Bagaimana gambaran dukungan orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak disabilitas netra yang bersekolah di SLBN Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui dan mendeskripsikan gambaran kemandirian anak disabilitas netra yang bersekolah di SLBN Jember 2) Mengetahui dan mendeskripsikan gambaran dukungan yang diberikan orang tua dalam mengembangkan kemandirian anak disabilitas netra yang bersekolah di SLBN Jember.
Guna mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang subyek penelitiannya ditentukan melalui purposive sampling dan menggunakan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi untuk mengumpulkan data. Guna menganalisis data, peneliti menggunakan model Miles dan Huberman. Sementara untuk mengetahui keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Adapun yang peneliti peroleh dalam penelitian ini yaitu tinggi atau rendahnya kemandirian anak disabilitas netra dapat dipengaruhi oleh faktor internal serta eksternal. Sedangkan dukungan yang diberikan oleh keluarga terutama orang tua dipengaruhi oleh beberapa faktor. Sehingga dapat disimpulkan bahwa: 1) Kemandirian anak disabilitas netra yang bersekolah di SLBN Jember masih belum mencapai kemandirian secara total. 2) Bentuk-bentuk dukungan yang orang tua berikan kepada anak disabilitas netra yang bersekolah di SLBN Jember yakni melalui dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental serta dukungan informasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ms. Fanny Fadilla
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:19
Last Modified: 06 Jul 2023 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25329

Actions (login required)

View Item View Item