PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BOYOLANGU KECAMATAN GIRI KABUPATEN BANYUWANGI

Rohman, Fawaid Abdul (2023) PERAN PENDAMPING PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM MEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DI KELURAHAN BOYOLANGU KECAMATAN GIRI KABUPATEN BANYUWANGI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
Fawaid Abdul Rohman.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fawaid Abdul Rohman : Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Memberdayakan Masyarakat Di Kelurahan Boyo Langu Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi.
Kata Kunci: Peran Pendamping, Program Keluarga Harapan, Pemberdayaan Masyarakat.

Kemiskinan harus dimungkinkan melalui rencana pembiayaan jaminan sosial, salah satunya adalah Program Keluarga Harapan, mulai tahun 2007 pemerintah Indonesia melaksanakan Program Keluarga Harapan untuk mengurangi kemiskinan. Peraturan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2018 adalah peraturan yang mengatur tentang program tersebut. Tujuannya agar lebih terencana dan terarah dengan menurunkan biaya dan meningkatkan pendapatan keluarga miskin.
Fokus penelitian :1. Apa saja peran pendamping PKH dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Boyolangu Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi ? 2. Bagaimana metode pendamping PKH dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Boyolangu Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi ? 3. Apa saja peluang dan hambatan pendamping PKH dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat (KPM) di Desa Boyolangu Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian : Untuk mendiskripsikan apa saja peran pendamping PKH dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat (KPM), Untuk mendeskripsikan Bagaimana metode pendamping PKH dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat (KPM), Untuk mendeskripsikan apa saja peluang dan hambatan pendamping PKH dalam memberdayakan keluarga penerima manfaat (KPM) di Kelurahan Boyolangu
Metode penelitian mengguanakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Peneliti menggunakan triagulasi Sumber dan Teknik dalam uji keabsahan data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini, 1. Peran pendamping PKH dalam memberdayakan Keluarga Penerima Manfaat di Kelurahan Boyolangu, yaitu sebagai Fasilitator, Edukasi, Monitoring dan Evaluasi, tujuan menjadi penghubung antara masyarakat dengan Lembaga demi mencapai sebuah perbaikan. 2. Merode peran pendamping PKH yaitu FGD dan Ceramah Bervariasi, prinsip saling asah/asih/asuh, saling mengayomi dan membantu menjadi inti dari metode yang dilakukan untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera. 3. Peluang pendamping dalam pelaksanaan PKH adalah pendamping mampu menjadi inisiator dalam melakukan perubahan sosial dengan meningkatkan kesejahteraan social dan memanfaatkan sebaik mungkin dana bantuan PKH namun pendamping tidak selalu berjalan dengan baik karena selama masih diremehkan oleh pemerintah itu sendiri. Prosedur validasi dan verifikasi data yang menantang juga menghambat kinerja asisten. karena data Badan Pusat Statistik (BPS) yang digunakan untuk menentukan penerima PKH tidak sesuai dengan kondisi sebenarnya pada saat verifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mr Fawaid Rohman
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:31
Last Modified: 06 Jul 2023 06:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25330

Actions (login required)

View Item View Item