ANALISIS PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH BIL WAKALAH DI BMT UGT NUSANTARA CAPEM JEMBER KOTA

Ifonindi, Difi (2023) ANALISIS PEMBIAYAAN BERMASALAH PADA AKAD MURABAHAH BIL WAKALAH DI BMT UGT NUSANTARA CAPEM JEMBER KOTA. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
E20191182_Difi Ifonindi.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Difi Ifonindi, Muhammad Saiful Anam, S.Ag., M.Ag. 2023: Analisis Pembiayaan Bermasalah Pada Akad Murabahah Bil Wakalah Di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota.
Kata Kunci : Murabahah Bil Wakalah, Pembiayaan Bermasalah
BMT merupakan lembaga keuangan syariah yang menjangkau seluruh lapisan masyarakat, baik untuk menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat. Salah satu pembiayaan yang digunakan di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota adalah pembiayaan murabahah bil wakalah. Pihak BMT sebelum memberikan pembiayaan melakukan analisis 5C+1S kemudian pencairan 50 % dari harga jual beli jaminan. Meskipun demikian, pembiayaan murabahah bil wakalah masih mengalami masalah. Fenomena ini menarik untuk di teliti.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembiayaan bermasalah pada akad murabahah bil wakalah di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota? 2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pembiayaan bermasalah pada akad murabahah bil wakalah di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota? 3) Bagaimana penanganan pembiayaan bermasalah pada akad murabahah bil wakalah yang dilakukan oleh BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota?
Tujuan Penelitian pada skripsi ini untuk mengetahui pembiayaan bermasalah pada akad murabahah bil wakalah di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota, untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pembiayaan bermasalah pada akad murabahah bil wakalah di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota, untuk mengetahui penanganan pembiayaan bermasalah pada akad murabahah bil wakalah yang dilakukan oleh BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, di mana data yang terkumpul berupa kata-kata atau gambar yang dideskripsikan sehingga mudah dipahami oleh orang lain dan tidak menekankan pada angka. Kemudian, teknik analisis data ini menggunakan analisis yang bersifat deskriptif, yakni menganalisis pembiayaan pada akad murabahah bil wakalah yang bermasalah di BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota.
Hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan, bahwa 1) Pembiayaan murabahah bil wakalah bermasalah yaitu adanya ingkar janji 2) Penyebab pembiayaan murabahah bil wakalah bermasalah disebabkan oleh lemahnya dalam pembinaan dan monitoring pembiayaan, kegagalan usaha karena ditimpa musibah, penurunan pendapatan, serta masalah gagal panen karena kondisi cuaca yang buruk. 3) BMT UGT Nusantara Capem Jember Kota menangani pembiayaan bermasalah dengan menerapkan analisis 5C+1S. Kemudian melihat kurun wakttu keterlambatan pembayaran. Setelah itu dilakukan proses penyelamatan pembiayaan dengan rekonsiliasi pembiayaan pada nasabah yaitu penjadwalan ulang, persyaratan ulang, dan penataan ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150202 Financial Econometrics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Difi Difi Difi Ifonindi
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:39
Last Modified: 06 Jul 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25342

Actions (login required)

View Item View Item