MANAJEMEN WAKAF PRODUKTIF DALAM BENTUK FOOD CORNER PADA MASJID ROUDHOTUL MUCHLISIN KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER

Awwaliyah, Dikna Salmah (2023) MANAJEMEN WAKAF PRODUKTIF DALAM BENTUK FOOD CORNER PADA MASJID ROUDHOTUL MUCHLISIN KECAMATAN KALIWATES KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
DIKNA SALMAH AWWALIYAH-2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dikna Salmah Awwaliyah, Dr. H. Saihan, S.Ag., M.Pd.I 2023: Manajemen
Wakaf Produktif Dalam Bentuk Food Corner Pada Masjid Roudhotul
Muchlisin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.

Manajemen wakaf produktif dalam Undang-Undang Nomor 41 tahun 2004 tentang Wakaf, merupakan payung hukum yang paling tinggi dalam mengatur wakaf. Pada pasal 43 ayat 2 tentang pengelolaan dan pengembangan harta wakaf, pada pasal ini nazhir wajib mengelola dan mengembangkan harta benda wakaf sesuai dengan fungsi, dan peruntukannya. Bahwasannya wakaf harus dikelola, dikembangkan secara produktif. Pada Masjid Roudhotul Muchlisin menggunakan sistem idarah (tata kelola) dan imarah (memakmurkan). Pengelolaan wakaf produktif khusus untuk food corner semua diatur menggunakan planning, organizing, actuating controlling, evaluating. Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif dan yang akan dilakukan Masjid Roudhotul Muchlisin adalah mengembangkan UPZ, mengembangkan food corner, membuka pelayanan ibadah Haji dan Umrah, mendirikan klinik kesehatan.
Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana manajemen wakaf produktif dalam bentuk food corner pada Masjid Roudhotul Muchlisin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Bagaimana strategi pengelolaan wakaf produktif dalam bentuk food corner pada Masjid Roudhotul Muchlisin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui manajemen wakaf produktif dalam bentuk food corner pada Masjid Roudhotul Muchlisin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui strategi pengelolaan wakaf produktif dalam bentuk food corner pada Masjid Roudhotul Muchlisin Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember.
Metodologi penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dengan metode tersebut penelitian ini dapat memahami suatu fenomena yang ada di Masjid Roudhotul Muchlisin.
Hasil dari penelitian ini menemukan 1) Manajemen wakaf produktif yang ada di Masjid Roudhotul Muchlisin Jember telah dilakukan dan dikembangkan dengan cukup baik. Satu-satunya Masjid di Kabupaten Jember Kecamatan Kaliwates yang memanfaatkan tanah wakaf untuk didirikan pujasera/food corner di area masjid bertujuan memakmurkan ekonomi masyarakat dan tempat peristirahatan para musafir. Bentuk struktur organisasi yang menangani food corner secara khusus masih ada. 2) Strategi pengelolaan wakaf produktif yang telah direncanakan dalam memanfaatkan tanah wakaf di Masjid Roudhotul Muchlisin dipikirkan dengan tertata.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Dikna Salmah Awwaliyah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:51
Last Modified: 06 Jul 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25346

Actions (login required)

View Item View Item