Penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat

Mustafiroh, Habibatul (2023) Penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HABIBATUL MUSTAFIROH_T201910045.pdf

Download (4MB)

Abstract

Habibatul Mustafiroh, 2023: Penerapan Model Discovery Learning berbantuan Media Permainan Roket Air pada Materi Tekanan Zat Peserta Didik kelas VIII di SMP Negeri 2 Kalisat.

Kata kunci: model discovery learning, media permainan roket air, materi tekanan zat

SMPN 2 Kalisat merupakan lembaga pendidikan yang dikategorikan sekolah cukup baik, namun kenyataannya itu terdapat perbedaan ditingkat kepemahaman peserta didiknya. Hal ini tentunya diakibatkan salah satu faktor pendidik itu sendiri dalam penggunaan model pembelajarannya. Seperti halnya dalam pembelajaran IPA di SMPN 2 Kalisat kelas VIII yang diampu oleh satu pendidik yang terdapat perbedaan antara kelas VIII A menggunakan model pembelajaran ceramah dengan tingkat keberhasilan belajar peserta didik mencapai 45,5%. Sedangkan dikelas VIII D dalam pembelajarannya menggunakan model discovery learning dengan tingkat keberhasilan belajar peserta didik mencapai 78,5%.
Berdasarkan dari latar belakang tersebut, fokus penelitiannya yaitu :1) Bagaimana penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat ? 2) Apa sajakah keuntungan dan kelemahan penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat ?
Adapun tujuan penelitian disini, 1) untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat. 2) untuk mendeskripsikan keuntungan dan kelemahan penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan subjek penelitian dengan purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitiannya adalah 1) penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan zat peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat pada dasarnya menggunakan model discovery learning yaitu dengan cara pendidik memberikan kesempatan untuk menemukan sendiri hal ini merangsang peserta didik sejauh mana memahami materi, dengan diterapkan discovery learning (penemuan sendiri) peserta didik dapat merangkai serta dapat mengaplikasikan sendiri media permainan roket air tersebut. Namun sebelum merangkai dan mengaplikasikan media permainan roket air tersebut terdapat beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan. 2) keuntungan dan kelemahan penerapan model discovery learning berbantuan media permainan roket air pada materi tekanan peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Kalisat yaitu keuntungannya antara lain : a) peserta didik akan merasa lebih senang dibandingkan menjadi tim pendengar setia (ceramah), b) peserta didik akan termotivasi dalam belajar, c) peserta didik akan lebih mudah memahami materi, d) peserta didik dapat belajar secara mandiri. Untuk kelemahannya yaitu antara lain : a) waktu yang kurang efektif, b) tidak semua materi dapat menggunakan model discovery learning dan media permainan roket air, c) tidak dapat diterapkan dalam jumlah peserta didik yang banyak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0299 Other Physical Sciences > 029901 Biological Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Habibatul Mustafiroh UIN Khas Jember
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:32
Last Modified: 06 Jul 2023 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25348

Actions (login required)

View Item View Item