Strategi Pendayagunaan Dana Shadaqah Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Janda Dhuafa Melalui Program Koperasi Berani Jujur (KBJ) Di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember

Iqomah, Ilmiyatul (2023) Strategi Pendayagunaan Dana Shadaqah Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Janda Dhuafa Melalui Program Koperasi Berani Jujur (KBJ) Di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ILMIYATUL IQOMAH (E20194011).pdf

Download (3MB)

Abstract

Ilmiyatul Iqomah, 2023: Strategi Pendayagunaan Dana Shadaqah Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi Janda Dhuafa Melalui Program Koperasi Berani Jujur (KBJ) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember.

Kata Kunci: Pendayagunaan Dana Shadaqah, Ekonomi, Program.

Manusia sebagai makhluk hidup dan makhluk sosial tidak dapat dipisahkan dari ekonomi. Oleh karenanya dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan perekonomian masyarakat dapat dilakukan melalui pemanfaatan dana shadaqah yang dilaksanakan oleh Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember yang salah satunya disalurkan melalui program Koperasi Jujur Berani (KBJ). 
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pendayagunaan dana shadaqah dalam upaya meningkatkan ekonomi janda dhuafa melalui program Koperasi Berani Jujur (KBJ) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember? dan 2) Bagaimana dampak implementasi Program Koperasi Berani Jujur (KBJ) dalam meningkatkan ekonomi janda dhuafa di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember?
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui strategi pendayagunaan dana shadaqah dalam upaya meningkatkan ekonomi janda dhuafa melalui program Koperasi Berani Jujur (KBJ) di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember. 2) Untuk mengetahui bagaimana dampak impemantasi dari adanya Program Koperasi Berani Jujur (KBJ) dalam meningkatkan ekonomi janda dhuafa di Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif dan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, pengurangan data, penyajian data, dan Kesimpulan dan verifikai. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Dalam upaya meningkatkan ekonomi janda dhuafa, Lembaga Amil Zakat Nurul Hayat Jember melalui program Koperasi Berani Jujur (KBJ) menerapkan cara atau strategi pemanfaatan dana shadaqah melalui berbagai praktek.  yaitu berupa bantuan modal, bantuan pembangunan prasarana, bantuan pendampingan, dan bantuan penguatan kelembagaan. 2) Dampak ekonomi yang dirasakan oleh para anggota program Koperasi Berani Jujur (KBJ) setelah mereka bergabung menjadi anggota KBJ yaitu berupa perkembangan keuangan mereka meningkat dari tidak mampu membayar uang sekolah anaknya karena alasan keuangan kemudian mampu membayar uang sekolah dan juga dapat membelikan seragam sekolah baru untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Ms Ilmiyatul Iqomah
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:54
Last Modified: 06 Jul 2023 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25349

Actions (login required)

View Item View Item