Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs

Elin, Mutoharotun Nisa' (2023) Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Elin Mutoharotun Nisa'_T201910028.pdf

Download (7MB)

Abstract

Elin Mutoharotun Nisa', 2023: Pengaruh Penggunaan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas VII SMP/MTs.
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar, Pencemaran Lingkungan.
Penelitin ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA pada materi pencemaran lingkungan. karakteristik materi pencemaran lingkungan yaitu bersifat konseptual dan faktual. Siswa kurang dalam pemahaman konsep materinya, hal ini disebabkan karena guru hanya menyediakan buku paket saja (LKS) tanpa adanya media yang menunjang dalam pembelajaran, sehingga dapat mempengharuhi hasil belajar. Salah satu pilihan yang dapat menjadi solusi adalah dengan penggunaan media Mind Mapping yang dapat memberikan kemudahan dalam pemahaman konsep materi kepada siswa untuk mengingat, memahami materi dan mengembangkan pengetahuanya dalam pembelajaran, sehingga pembelajaran bisa lebih aktif dan menyenangkan.
Rumusan masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah 1) Apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media Mind Mapping dan yang tidak menggunakan media Mind Mapping pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs. 2) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs. Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media Mind Mapping dan yang tidak menggunakan media Mind Mapping pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs. 2) Mengetahui pengaruh penggunaan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan kelas VII SMP/MTs.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent pretest and posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini terdiri dari 224 siswa kelas VII yang diambil dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII F sebagai kelas kontrol dan VII G sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media mind mapping. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, analisis data yang digunakan mengunakan uji non parametrik yaitu uji Mann–Whitney.
Hasil penelitian pada skor pre–test mengunakan uji Mann–Whitney diperoleh nilai sig 0,477 > 0,05 yang menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol, sehingga siswa dikelas eksperimen dan kelas kontrol diangap memiliki kemampuan awal yang sama. Data hasil post–test diperoleh nilai sig yaitu 0,004 < 0,05, hal ini membuktikan 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang mengunakan media Mind Mapping dengan yang tidak mengunakan media mind mapping materi pencemaran lingkungan 2) Terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media Mind Mapping dengan yang tidak menggunakan media mind mapping dalam pembelajaran materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Elin Mutoharotun Nisa'
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:35
Last Modified: 06 Jul 2023 07:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25355

Actions (login required)

View Item View Item