Analisis Strategi Akad Murabahah Bil Wakalah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Pembiayaan KUR Kecil Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 2

Ayu, Agustin (2023) Analisis Strategi Akad Murabahah Bil Wakalah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Pembiayaan KUR Kecil Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI REVISI FIKS AYUUU OK watemax.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Siti Ayu Agustin, 2023: Analisis Strategi Akad Murabahah Bil Wakalah Dalam Meningkatkan Minat Nasabah Pada Pembiayaan KUR Kecil di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 2.
Kata Kunci: Strategi Murabahah Bil Wakalah, Minat Nasabah, Pembiayaan KUR Kecil.
Analisis strategi akad murabahah bil wakalah dalam meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan KUR kecil merupakan kegiatan untuk mengenalkan atau mempromosikan pembiayaan KUR kecil dengan menggunakan strategi yang sudah dilakukan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Rogojampi 2. pembiayaan KUR kecil menggunakan akad murabahah bil wakalah. Dalam pembiayaan tersebut tentunya akan menggunakan prinsip syariah sesuai dengan akad yang sudah disepakati antara nasabah dan bank. Dalam pelaksanaannya tentu terdapat berbagai kebijakan yang dapat menimbulkan akibat terhadap pelaksanaan kebijakan tertentu dari penerapan akad murabahah bil wakalah.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu :1) Bagaimana penerapan akad murabahah bil wakalah dalam meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan KUR kecil? 2) Bagaimana strategi akad murabahah bil wakalah dalam meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan KUR kecil? 3) Bagaimana implikasi penerapan akad murabahah bil wakalah dalam meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan KUR kecil?.
Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui penerapan akad murabahah bil wakalah dalam meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan KUR kecil. 2) untuk mengetahui strategi akad murabahah bil wakalah dalam meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan KUR kecil 3) Mengetahui implikasi penerapan akad murabahah bil wakalah dalam meningkatkan minat nasabah pada pembiayaan KUR kecil.
Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Adapun hasil penelitian ini adalah strategi yang digunakan dalam menerapkan akad murabahah bil wakalah yaitu dengan melakukan wawancara secara face to face kepada nasabah untuk lebih memudahkan pihak bank menjelaskan mengenai pembiayaan KUR kecil kepada nasabah. Selain itu, strategi yang digunakan yakni strategi pemasaran dengan menggunakan segmentasi pasar. Bank melakukan dengan cara menentukan variabel segmentasi yang digunakan dan selanjutnya mengumpulkan data segmentasi setelah itu merencanakan dan mempromosikan produk KUR kecil. Jadi hal itu dapat menarik minat nasabah. Untuk implikasi akad murabahah bil wakalah pada produk KUR kecil, yaitu bagi pihak bank atau nasabah yang melakukan pelanggaran maka akan dikenakan sanksi baik itu sanksi pidana maupun sanksi denda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140305 Time-Series Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Unnamed user with email aayu98293@gmail.com
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:35
Last Modified: 07 Jul 2023 02:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25364

Actions (login required)

View Item View Item