Pengaruh discovery learning terhadap representasi matematis siswa pada materi segi tiga dan segi empat kelas VII di SMP N egeri 6 jember

Silfi, Linda maulidah silfi (2023) Pengaruh discovery learning terhadap representasi matematis siswa pada materi segi tiga dan segi empat kelas VII di SMP N egeri 6 jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi linda 1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Linda Maulidah Silfi, 2023: Pengaruh Discovery Learning Terhadap Representasi
Matematis Siswa pada Materi Segi Tiga dan Segi Empat di Kelas VII di SMP Negeri 6
Jember.
Kata Kunci: Discovery Learning dan Representasi Matematis
Penelitian ini dilatar belakangi oleh representasi matematis siswa kelas VII SMP
Negeri 6 Jember yang masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah pemberian
model pembelajaran yang masih monoton dengan pembelajaran konvensional. Untuk itu
kemampuan guru dalam merancang model pembelajaran sangat berpengaruh terhadap
keberhasilan dalam belajar mengajar. Salah satunya dapat menggunakan model discovery
learning yang merupakan tipe pembelajaran yang mendorong siswa terlibat aktif untuk
melakukan percobaan yang memungkinkan mereka menemukan prinsip-prinsip untuk
diri mereka sendiri.
Fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini: 1) Bagaimana representasi
matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning
pada materi segitiga dan segi empat? 2) Bagaimana representasi matematis siswa yang
diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan segi
empat? 3) Adakah pengaruh yang signifikan antara representasi matematis siswa yang
diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan model
pembelajaran konvensional pada materi segitiga dan segi empat kelas VII SMPN 6
Jember tahun ajaran 2022/2023?
Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mendeskripsikan Representasi matematis siswa
yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada materi
segitiga dan segiempat kelas VII SMPN 6 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan
Representasi matematis siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran
konvensional pada materi materi segitiga dan segiempat kelas VII SMPN 6 Jember.
Selain itu, 3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara representasi matematis
siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Discovery learning dengan
model pembelajaran konvensional pada materi materi segitiga dan segiempat kelas VII
SMPN 6 Jember.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang
dilakukan di SMP Negeri 6 Jember. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan cluster
random sampling dimana menggunakan 62 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan
data pada penelitian ini adalah menggunakan dokumentasi dan tes. Sedangkan untuk
teknik analisis datanya yaitu menggunakan statistik deskripstif dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pre test kelas eksperimen, terdapat 20
siswa kategori sedang (65%), 9 siswa kategori rendah (29%), dan 2 siswa kategori sangat
rendah (6%). Hasil post test kelas eksperimen, terdapat 6 siswa kategori sangat tinggi
(19%), 13 siswa kategori tinggi (42%), 9 siswa kategori sedang (29%), dan 3 siswa
kategori rendah (10%). 2) pre test kelas kontrol, terdapat 24 siswa kategori sedang (77%)
6 siswa kategori rendah (19%), dan 1 siswa sangat rendah (3%). Hasil post test kelas
kontrol, 5 siswa kategori tinggi (16%), 20 siswa kategori sedang (65%) dan 6 siswa
kategori rendah (19%). 3) Terdapat pengaruh yang signifikan discovery learning terhadap
representasi matematis siswa pada materi segi tiga dan segi empat kelas VII di SMP
Negeri 6 Jember sebesar t hiting = -5,093 > t tabel = -2,045.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010203 Calculus of Variations, Systems Theory and Control Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Linda Maulidah Silfi
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:16
Last Modified: 06 Jul 2023 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25366

Actions (login required)

View Item View Item