KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH (LONG DISTANCE MARRIAGE) PERSPEKTIF FIQH MUNAKAHAT (Studi Kasus Di Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember)

Anis Nurfaizah, Anis (2023) KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM PERNIKAHAN JARAK JAUH (LONG DISTANCE MARRIAGE) PERSPEKTIF FIQH MUNAKAHAT (Studi Kasus Di Desa Panti Kecamatan Panti Kabupaten Jember). Diploma thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI ANIS NURFAIZAH FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pernikahan adalah sebuah ikatan lahir batin antara dua manusia yang mempunyai tujuan mulia yakni membangun keluarga yang Sakinah, Mawaddah, dan Warahmah bagi semua anggota keluarganya. Di dalam kehidupan rumah tangga terdapat dua cara dalam melakukan hubungan pernikahan yakni tinggal dalam satu rumah atau pernikahan jarak jauh. Pasangan suami istri yang menjalankan hubungan pernikahannya jarak jauh memiliki berbagai alasan, termasuk di dalamnya terdapat faktor ekonomi. Sebagaimana pada pasangan suami istri di Desa Panti Kec. Panti Kab. Jember, mereka rela berjauhan dengan pasangan demi memenuhi kebutuhan keluarga, walaupun demikian pasangan suami istri mampu menjaga keluarganya agar tetap sakinah.
Adapun masalah yang diteliti yaitu 1) bagaimana fenomena pernikahan jarak jauh di Desa panti Kec. Panti Kab. Jember, 2) bagaimana upaya pemenuhan hak dan kewajiban bagi pasangan pernikahan jarak jauh perspektif fiqh munakahat.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1) mendeskripsikan fenomena pernikahan jarak jauh di Desa Panti Kec. Panti Kab. Jember, 2) mendeskripsikan upaya pemenuhan hak dan kewajiban bagi pasangan pernikahan jarak jauh perspektif fiqh munakahat.
Dalam penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian pada pasangan yang menjalani hubungan pernikahan jarak jauh di Desa Panti kec. Panti kab. Jember. Sumber data primer yaitu wawancara dengan pasangan suami istri yang menjalankan pernikahan jarak jauh di Desa Panti Kec. Panti Kab. Jember dan data sekunder yaitu dengan literatur buku, jurnal, maupun skripsi yang dianggap relevan.
Adapun hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Fenomena pada pasangan keluarga yang menjalani hubungan pernikahan jarak jauh di Desa Panti Kec. Panti Kab. Jember yaitu dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, yakni yang pertama faktor ekonomi, faktor pekerjaan, dan juga faktor keluarga. 2) Upaya pemenuhan hak dan kewajiban bagi pasangan pernikahan jarak jauh perspektif fiqh munakahat yaitu dapat dilaksanakan dengan baik meskipun sedang berjauhan mereka tetap melakukan kewajibannya sebagai suami yaitu menafkahi istri yang setiap hasil pekerjaannya di transfer untuk istri, membiayai pendidikan anak serta mencukupi kebutuhan rumah tangga. Sebagai seorang istri meskipun berjauhan dengan suami tentu juga harus melaksanakan kewajiban yang harus dilaksanakan diantaranya yaitu mengasuh anak dan mendidiknya dengan baik penuh tanggung jawab, menjaga nama baik keluarga, mentaati suami, mengelola serta mengurus rumah tangga demi kebahagiaan dan juga kesejahteran keluarga.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Anis Nurfaizah uinkhasjember
Date Deposited: 07 Jul 2023 02:03
Last Modified: 07 Jul 2023 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25372

Actions (login required)

View Item View Item