PENGARUH EVENT TERHADAP POLA KONSUMSI DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT DESA SUKO KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO

Fitriyah, Indah (2023) PENGARUH EVENT TERHADAP POLA KONSUMSI DAN GAYA HIDUP MASYARAKAT DESA SUKO KECAMATAN MARON KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Indah Fitriyah E20182109.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Indah Fitriyah, Nikmatul Masruroh, 2023 : Pengaruh Event terhadap Pola Konsumsi dan Gaya Hidup Masyarakat Desa Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.

Event yang diselenggarakan oleh Akulaku yaitu untuk menarik minat masyarakat serta menjangkau lebih dekat atau menyentuh berbagai lapisan masyarakat sehingga lebih dirasakan keberadaannya. Event tersebut ditujukan sebagai bentuk kehadiran Akulaku Indonesia untuk semakin dekat dengan seluruh pelanggan mereka dan komitmen dalam mendukung kemajuan setiap bisnis dengan menyediakan platform agar mereka dapat menjangkau lebih banyak pelanggan melalui perusahaan Akulaku.
Rumusan masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah pengaruh event terhadap pola konsumsi masyarakat Desa Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo?, 2) Apakah pengaruh event terhadap gaya hidup masyarakat Desa Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo?.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh event terhadap pola konsumsi masyarakat Desa Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo, 2) Untuk mengetahui pengaruh event terhadap gaya hidup masyarakat Desa Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis pendekatan asosiatif (hubungan atau pengaruh). Teknik pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dengan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Suko Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo sebanyak 250 orang yang memiliki akun di aplikasi Akulaku. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 100 dengan kriteria : perempuan Desa Suko, usia diatas 17 tahun dan memiliki KTP, memiliki aplikasi Akulaku, berhasil melakukan verifikasi data di aplikasi Akulaku. Analisis data yag digunakan dalam penelitian berupa uji asumsi klasik dan analisis korelasi pearson product moment, uji hipotesis dengan bantuan program SPSS Statistik versi 17.0.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan: 1) event berpengaruh signifikan terhadap pola konsumsi secara parsial dan event mampu menarik minat masyarakat untuk melakukan pembelian terhadap suatu produk serta terjadinya transaksi yang berpengaruh pada pola konsumsi. 2) event berpengaruh signifikan terhadap gaya hidup secara parsial dan event mampu menunjang aktivitas masyarakat juga memberikan pengaruh positif pada gaya hidup dengan berbagi pengalaman yang di dapatkan.

Kata Kunci : Event, Pola Konsumsi, Gaya Hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Indah Fitriyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:49
Last Modified: 07 Jul 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25379

Actions (login required)

View Item View Item