Proses Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Kelas VII SMPS Islam Garden School Mumbulsari Jember

Bela, Sinta (2023) Proses Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar Kelas VII SMPS Islam Garden School Mumbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Sinta Bela _T20187082.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan seseorang mengemukakan ide-ide matematis kepada orang lain dengan cara lisan maupun tulisan disebut dengan kemampuan komunikasi matematis. Melalui kemampuan komunikasi matematis, seseorang akan dapat meningkatkan pemahaman konseptual matematisnya. Seringkali siswa kurang mampu berkomunikasi dengan baik, seakan-akan sesuatu yang mereka pikirkan hanya untuk dirinya sendiri. Proses komunikasi matematis siswa sangat penting untuk diketahui karena dapat membantu guru untuk memahami kemampuan siswa dalam menginterpretasikan dan mengekspresikan pemahamannya tentang konsep dan proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana proses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar Kelas VII SMPS Islam Garden School Mumbulsari Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita aljabar Kelas VII SMPS Islam Garden School Mumbulsari Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan subyek berdasarkan metode purposive sampling menggunakan 5 siswa dengan proses penyelesaian masalah yang berbeda yaitu 2 subyek dengan penyelesaian masalah Solusi 1, 2 subyek dengan penyelesaian masalah Solusi 2, 1 subyek dengan penyelesaian masalah Solusi 3. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi metode.
Komunikasi matematis dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga aspek yaitu komunikasi logis, komunikasi simbolik dan komunikasi verbal. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Proses komunikasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda. Pada S1 dan S2 lebih banyak menunjukkan komunikasi logis, kemudian komunikasi verbal dan komunikasi simbolik. pada S3 dan S4 lebih banyak menunjukkan komunikasi Simbolik, kemudian komunikasi logis dan komunikasi verbal. Pada S5 lebih banyak menunjukkan komunikasi verbal, kemudian komunikasi logis dan komunikasi simbolik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: PROSES KOM Sinta Bela
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:13
Last Modified: 07 Jul 2023 06:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25380

Actions (login required)

View Item View Item