Amir, Yusron Fathoni (2023) Penanaman Moral Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Pendidikan Pembiasaan Sehari-hari di SDN Maskuning Wetan 2 Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai haji Achmad Siddiq jember.
Text
Yusron Fathoni Amir, T20191253, (Skripsi Fix)(1).pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Yusron Fathoni Amir, 2023: Penanaman Moral Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Pendidikan Pembiasaan Sehari-hari Di SDN Maskuning Wetan 2 Kecamatan Pujer Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata Kunci: Penanaman Moral Peserta Didik, Pendidikan Pembiasaan Sehari-hari.
Dalam kenyataan yang terjadi saat ini, banyak fenomena yang menunjukkan keterlibatan generasi muda yang nota bene pelajar, dalam berbagai peristiwa kenakalan, menyontek, perbuatan kriminal, dan perilaku meyimpang lainnya. Pentingnya penanaman nilai-nilai moral pada anak agar karakater anak dapat berkembang dengan potensi dan kemampuan anak secara optimal serta tumbuhnya sikap dan perilaku positif bagi anak.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari peserta didik tingkat dasar di SDN Maskuning Wetan 2? 2) Apa faktor penghambat penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari peserta didik tingkat dasar di SDN Maskuning Wetan 2? 3) Apa faktor pendukung penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari peserta didik tingkat dasar di SDN Maskuning Wetan 2?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari peserta didik tingkat dasar di SDN Maskuning Wetan 2. 2) Mendeskripsikan faktor penghambat penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari peserta didik tingkat dasar di SDN Maskuning Wetan 2. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari peserta didik tingkat dasar di SDN Maskuning Wetan 2.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan trianguasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari yang dilakukan oleh guru kepada peserta didiknya yaitu selalu menerapkan kegiatan pembiasaan: rutin, spontan, terprogram, dan teladan. 2) Faktor Penghambat Penanaman Moral Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Pendidikan Pembiasaan Sehari-Hari di SDN Maskuning Wetan 2, faktor penghambat penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari di SDN Maskuning Wetan 2 terdapat beberapa faktor, yaitu: pribadi masing-masing siswa yang kurang sadar dan kurang disiplin, kurangnya perhatian orang tua kepada anaknya, dan lingkungan yang kurang baik. 3) Faktor Pendukung Penanaman Moral Peserta Didik Tingkat Dasar Melalui Pendidikan Pembiasaan Sehari-Hari di SDN Maskuning Wetan 2, faktor pendukung penanaman moral melalui pendidikan pembiasaan sehari-hari di SDN Maskuning Wetan 2 yaitu: komitmen bersama warga sekolah, kesabaran dan keteladanan seorang guru, dan keterlibatan orang tua mendukung upaya guru dalam membina kerjasama.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130209 Medicine, Nursing and Health Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yusron Fathoni Amir |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 08:00 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 08:00 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25383 |
Actions (login required)
View Item |