STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI PESANTREN DALAM MEMBUDAYAKAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI DAN ALUMNI STUDI PADA PROGRAM OPOP (ONE PESANTREN ONE PRODUCT) DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN TAHUN 2021

komsatun, rifa (2023) STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI PESANTREN DALAM MEMBUDAYAKAN KEWIRAUSAHAAN SANTRI DAN ALUMNI STUDI PADA PROGRAM OPOP (ONE PESANTREN ONE PRODUCT) DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT LAMONGAN TAHUN 2021. Masters thesis, uin khas kiai haji achamad siddiq jember.

[img] Text
WATERMARK - Copy.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Rifa, Komsatun 2023. Strategi Pengembangan Ekonomi Pesantren Dalam Membudayakan Kewirausahaan Santri Dan Alumni Studi Pada Program Opop (One Pesantren One Product) Di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan Tahun 2020. Tesis. Program Study Ekonomi Syariah Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember. Pembimbing 1): Dr. Hepni S.Ag.M.M 2) Dr. Abdul Wadud Nafis, Lc
Kata Kunci :Strategi pengembangan, Membudayakan kewirausahaan, OPOP Jatim

OPOP ini merupakan program khusus yang digagas oleh gubernur Program Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memberikan peningkatan kesejahteraan dalam ekonomi masyarakat berbasis Pondok Pesantren melalui pemberdayaan santri, pesantren dan masyarakat sekitar pesantren.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi pengembangan ekonomi pesantren dalam membudayakan kewirausahaan santri dan alumni studi program OPOP (one peantren one product) dipondok pesantren sunan drajat lamongan 2020? 2) Bagaimana model pengembangan ekonomi pesantren dalam membudayakan kewirausahaan santri dan alumni studi program OPOP (one peantren one product) dipondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan 2020? 3) Bagaimana Evaluasi Strategi pengembangan ekonomi pesantren dalam membudayakan kewirausahaan santri dan alumni studi pada program OPOP (one peantren one product) dipondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan 2020 ?
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis gerakan wirausaha di pondok pesantren sunan drajat banjaranyar jawa timur. 2) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis model pengembangan ekonomi pesantren di pondok pesantren sunan drajat banjaranyar jawa timur. 3) Untuk mendiskripsikan dan menganalisis Evaluasi strategi pengembangan di pondok pesantren sunan drajat banjaranyar jawa timur.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif fenemenologi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan teknik purposive dan analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian yaitu: 1) perencanaan strategi pesantren meliputi visinya adalah ia menjadikan umat bahagia di dunia dan akhirat dan misinya yaitu menjadikan umat berpendidikan, mandiri dalam ekonomi, dan bermanfaat bagi yag lain, 2) analisis lingkungannya mayoritas masyarakat sebagai karyawan di wilayah tersebut 3) pelaksanaan strategi meliputi, pertama sistem pelaksanaan produksi kedua sistem kerjasama ketiga pemberdayaan pesantren merupakan upaya mendaya gunakan seluruh potensi masyarakat agar mereka mandiri dalam ekonominya dan semakin kuat iman dan takwanya pada Allah SWT: dan 3) evaluasi strateginya melalui proses pengawasan (proses evaluasi hasil (akhir)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss RIFA KOMSATUN
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:49
Last Modified: 07 Jul 2023 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25387

Actions (login required)

View Item View Item