Analisis Komparatif Strategi Keunggulan Gojek dan Grab dalam Meningkatkan Pasar di Kabupaten Jember

Moch., Arief (2023) Analisis Komparatif Strategi Keunggulan Gojek dan Grab dalam Meningkatkan Pasar di Kabupaten Jember. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
MOCH. ARIEF_213206060024.pdf

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK
Moch Arief, 2022, Analisis Komparatif Strategi Keunggulan Gojek dan Grab dalam
Meningkatkan Pasar di Kabupaten Jember. Tesis. Program Studi
Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) KH.
Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I Dr. H. Misbahul Munir, M.M.
Pembimbing II Dr. Hersa Farida Qoriani, S.kom., M.E,I.
Kata kunci: strategi, keunggulan bersaing.
Kotler dan Armstrong (2008) menyatakan bahwa keunggulan bersaing adalah
keunggulan yang diperoleh dengan menawarkan nilai lebih rendah maupun dengan
memberikan manfaat lebih besar karena harganya yang lebih tinggi. Ironisnya,
pentingnya keunggukan besaing semakin memudar siring beberapa dasawarsa ini
terjadi perluasan dan kemakmuran yang hebat sehingga mengakibatkan banyak
perusahaan kehilangan pandangan mengenai keunggulan bersaing dalam upaya
perjuangan untuk lebih berkembang dalam mengejar diversifikasi (Porter, 2007).
Porter menunjukkan bahwa terdapat beberapa strategi yang dapat dikembangkan oleh
perusahaan seperti menambah diferensiasi produk, harga yang lebih murah dari
pesaing, sistem pengiriman yang baik, dan sistem pembayaran yang lebih mudah serta
strategi alternatif yang dapat dikembangkan yaitu dengan penambahan modal untuk
pengembangan usaha, menambah mesin alat produksi, dan program pelatihan bagi
karyawan.
Perusahaan gojek dan grab merupakan dua perusahaan transportasi online yang
bertujuan untuk meningkatkan pasar di Kabupaten Jember. Penelitian ini di fokuskan
pada: 1) Bagaimana strategi keunggulan gojek dan grab saat ini? 2) Bagaimana upaya
gojek dan grab dalam meningkatkan pasar di Kabupaten Jember? 3) apa saja faktor￾faktor pendukung dan penghambat pengguna gojek dan grab di Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian
menggunakan teknik purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan teknik analisis
SWOT (Strenghts, Weaknesses, Opportunities, Threats).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan gojek dan grab dalam
meningkatkan pasar di Kabupaten Jember dibutuhkan Positioning. Positioning
merupakan langkah identifikasi, pengembangan, dan komunikasi keistimewaan yang
bersifat khusus, khas serta unik, berbeda dengan pesaing. Perusahaan gojek dan grab
selalu melakukan upaya dalam meningkatkan pasar terutama di Kabupaten Jember,
melalui perbaikan-perbaikan yang dilakukan oleh kedua perusahaan. Perbaikan yang
dimaksud adalah terus berinovasi untuk menyempurnakan aplikasi internal dengan
memanfaatkan banyaknya aplikasi baru yang tersedia dan juga selalu ada perubahan
sistem dalam meningkatkan pelayanan. Perusahaan gojek dan grab memiliki banyak
fitur yang melengkapi di masing masing aplikasi. Untuk segi pelayanan mereka sama-sama menawarkan fitur dan pelayanan yang terbaik

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Moch. Arief
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:59
Last Modified: 10 Jul 2023 07:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25389

Actions (login required)

View Item View Item