FRISKY TWINZASIH, NURJANAH (2023) ANALISIS NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KELAS XI SMKN 8 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI AHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
SKRIPSI FRISKY TWINZASIH NURJANAH FIX(2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Frisky Twinzasih Nurjanah, 2023. Analisis Nilai-Nilai Moderasi Beragama
dalam Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas XI
SMKN 8 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata kunci: Nilai moderasi beragama, Pendidikan Agama Islam
Nilai moderasi beragama sangat penting untuk ditanamkan di lingkungan
pendidikan guna menumbuhkan sikap toleransi, saling menghargai, dan mencegah
radikalisme. Faktanya ada beberapa kasus tawuran antar pelajar SMA/SMK di
Semboro, karena pada usia ini rentan akan nilai-nilai radikalisme, kekerasan, dan
lain sebagainya. Salah satu cara penanaman nilai moderasi beragama di
lingkungan pendidikan yaitu melalui bahan ajar. Maka dari itu bahan ajar haruslah
mengandung nila moderasi beragama. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui nilai moderasi yang dikembangkan dalam bahan ajar PAI di SMKN 8
Jember yang beralamat di Semboro sekaligus untuk mengetahui bentuk-bentuk
pengetahuan moderasi beragama dalam bahan ajar PAI SMK.
Fokus Penelitian dalam penelitian ini yaitu : 1) Nilai-nilai moderasi
beragama apa sajakah yang terdapat dalam bahan aja PAI di Kelas XI SMKN 8
Jember Tahun Pelajaran 2022/2023 ? 2) Bagaimana bentuk pengetahuan moderasi
beragama dalam bahan ajar PAI di kelas XI SMKN 8 Jember Tahun Pelajaran
2022/2023 ?. Sedangkan Tujuan dari penelitian ini diantaranya yaitu : 1)
Mendeskripsikan nilai-nilai moderasi beragama dalam bahan ajar PAI di Kelas XI
SMKN 8 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan bentuk-bentuk
pengetahuan (pengetahuan faktual, pengetahuan konseptual, pengetahuan
metakognitif, dan pengetahuan prosedural) moderasi beragama dalam bahan ajar
Pendidikan Agama Islam di Kelas XI SMKN 8 Jember Tahun Pelajaran
2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi
kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah analisi isi (content analisys). Untuk menguji keabsahan data peneliti
menggunakan traingulasi sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama
yang dikembangkan dalam bahan ajar PAI di kelas XI SMKN 8 Jember yaitu ada
9 dan sesuai dengan yang telah dicanangkan oleh Kementrian Agama RI. Selain
itu juga mengandung beberapa indikator moderasi beragama. Adapun Bentukbentuk pengetahuan moderasi beragama dalam pengembangan bahan ajar PAI di
Kelas XI SMKN 8 Jember meliputi pengetahuan faktual, konseptual,
metakognitif, dan prosedural. Bentuk-bentuk pengetahuan tersebut terdapat dalam
pengembangan bahan ajar PAI di Kelas XI SMKN 8 Jember, yaitu; 1)
Pengetahuan faktual: terdapat 7 bab, 2) Pengetahuan konseptual: terdapat 4 bab,
3) pengetahuan metakognitif: semua bab mengandung pengetahuan metakognitif,
3) Pengetahuan prosedural: terdapat 3 bab
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | UIN KHAS J frisky Twinzasih Nurjanah |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 02:11 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 02:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25392 |
Actions (login required)
View Item |