Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Animalia Kelas X MIA di MA Annuriyyah Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Afkarina, Izzah (2023) Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Animalia Kelas X MIA di MA Annuriyyah Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IZZAH AFKARINA_T20198027.pdf

Download (18MB)

Abstract

Kesulitan belajar dapat ditandai dengan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terjadi pada kelas X MIA di MA Annuriyyah Rambipuji Jember. Keadaan tersebut perlu diteliti untuk mengetahui faktor penyebabnya dan upaya yang dapat
dilakukan sebagai solusi dalam mengatasi kesulitan belajar di kelas X MIA MA
Annuriyyah Rambipuji Jember.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui faktor penyebab kesulitan
belajar siswa pada materi animalia kelas X MIA di MA Annuriyyah Rambipuji
Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan upaya yang dilakukan
guru biologi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi animalia kelas
X MIA di MA Annuriyyah Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan
kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi,
penyebaran angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
menggunakan teknik Miles et al.(2014) yaitu kondensasi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan
triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan diantaranya: 1) Faktor internal penyebab
kesulitan belajar materi animalia tertinggi terletak pada faktor motivasi dengan
indikator bertanya ketika ada hal yang sulit dipahami, semangat dalam
menyelesaikan soal-soal sulit, kemandirian belajar dan mampu mempertahankan
jawabannya sendiri, dengan frekuensi 4 siswa. Artinya dari 21 siswa, sebanyak 17
siswa kurang memiliki motivasi dalam mempelajari materi animalia. Sedangkan
pada faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa pada materi animalia
tertinggi terletak pada faktor lingkungan sosial sekolah dengan indikator relasi
antarsiswa dan kondisi kelas dengan frekuensi 4 siswa. Artinya dari 21 siswa,
sebanyak 17 siswa merasa kesulitan belajar pada indikator kondisi lingkungan
sosial sekolah dan ruang kelas. 2) Upaya yang dilakukan guru biologi dalam
mengatasi kesulitan belajar siswa kelas X MIA pada materi animalia diantaranya
melakukan pemberian motivasi kepada siswa, memberikan media pembelajaran
yang menarik, melakukan program diskusi dengan teman sebaya dan penilaian
yang bisa diambil dari berbagai aspek yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060808 Invertebrate Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Izzah Afkarina
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:53
Last Modified: 07 Jul 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25393

Actions (login required)

View Item View Item