Efektivitas Layanan Pegadaian Digital Service (PDS) Pada Transaksi Produk Gadai Dan Non Gadai Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember

Maulana, Rian (2023) Efektivitas Layanan Pegadaian Digital Service (PDS) Pada Transaksi Produk Gadai Dan Non Gadai Di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rian Maulana_E20191121.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Rian Maulana, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si, 2023: Efektivitas Layanan Pegadaian Digital Service (PDS) pada Transaksi Produk Gadai dan Non Gadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember.
Pegadaian Digital Service (PDS) merupakan layanan digital dari pegadaian dalam bentuk aplikasi yang berbasis web dan mobile. PDS akan melayani nasabah dan calon nasabah yang ingin mendapatkan informasi produk-produk pegadaian. Keunggulan dari Pegadaian Digital Service ini adalah dari segi kecepatannya, nasabah mendapatkan pelayanan setara dengan yang diberikan oleh pelayanan di outlet pegadaian. Kehadiran dari Pegadaian Digital Service ini diharapkan semakin menguatkan minat generasi milenial untuk bisa lebih dekat dengan produk-produk pegadaian.
Berdasarkan pemaparan latar belakang diatas, maka penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya: (1) Bagaimana layanan Pegadaian Digital Service (PDS) pada transaksi produk gadai dan non gadai PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember? (2) Bagaimana efektivitas layanan Pegadaian Digital Service (PDS) pada transaksi produk gadai dan non gadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember?
Sesuai dengan permasalahan yang telah dikemukakan, tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui layanan Pegadaian Digital Service (PDS) pada transaksi produk gadai dan non gadai PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember (2) Mengetahui efektivitas layanan Pegadaian Digital Service (PDS) pada transaksi produk gadai dan non gadai di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember
Dalam penelitian ini, metode penelitian yang yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseacrh). Sementara teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk analisis data peneliti menggunakan tiga hal, yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Selain itu, untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Demikian peneliti memperoleh kesimpulan, (1) Penerapan layanan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) di Pegadaian UPC Patrang sudah sesuai dengan tujuan dibuatnya aplikasi PDS yaitu memberikan kemudahan serta kepuasan kepada nasabah untuk bertransaksi di Pegadaian, juga bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nasabah di era modern ini yang membutuhkan transaksi secara cepat dan praktis. (2) Aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) mampu memberi nilai tambah berupa persepsi nasabah terhadap aplikasi PDS dengan efektivitasnya berupa: (1) kualitas layanan digital yang dimana aplikasi PDS tergolong cepat dan memberikan banyak informasi yang dibutuhkan. (2) kemudahan bertransaksi yang dimana adanya aplikasi PDS sebagian nasabah merasa dimudahkan dalam bertransaksi yang terkhusus nasabah yang tidak memiliki banyak waktu untuk datang ke outlet. (3) kepuasan nasabah menggunakan aplikasi sudah sesuai dengan apa yang diharapkan, dan antusias dalam merekomendasikan aplikasi PDS.

Kata Kunci: Efektivitas, Pegadaian Digital Service, Gadai dan Non Gadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Rian Maulana
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:54
Last Modified: 07 Jul 2023 01:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25401

Actions (login required)

View Item View Item