IMPLEMENTASI PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN QARDHUL HASAN DI KSPPS BMT NU CABANG BALUNG KABUPATEN JEMBER

Imroatus, Sadidatil Izzah (2023) IMPLEMENTASI PERLAKUAN AKUNTANSI PEMBIAYAAN QARDHUL HASAN DI KSPPS BMT NU CABANG BALUNG KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JEMBER KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
IMROATUS SADIDATIL IZZAH_E20193055.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Imroatus Sadidatil Izzah, Mariyah Ulfah, M.E.I., 2023: “Implementasi Perlakuan Akuntansi Pembiayaan Qardhul Hasan di KSPPS BMT NU Cabang Balung Kabupaten Jember”.
Kata Kunci : Qardhul Hasan, PSAK Syariah No.59, PSAK Syariah No. 101
Qardhul Hasan merupakan salah satu produk pembiayaan di BMT, dimana Pinjaman tanpa jaminan yang memungkinkan nasabah menggunakan uang untuk jangka waktu tertentu dan membayar kembali jumlah yang sama saat jatuh tempo tanpa dipungut kelebihan saat penerimaan kecuali terdapat perjanjian diawal transaksi. Perlakuan akuntansi pembiayaan Qardhul Hasan telah diatur dalam PSAK Syariah No. 59 dan PSAK Syariah No.101 tentang Pengungkapan dan pengukuran, pengakuan, dan penyajian laporan keuangan pada lembaga Keuangan Mikro berbasis syariah seperti KSPPS BMT NU.
Fokus penelitian yang diteliti penulis dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Implementasi pembiayaan Qardhul Hasan dalam lembaga Keuangan Mikro BMT di KSPPS BMT NU Cabang Balung Kabupaten Jember ?; 2) Bagaimana perlakuan Akuntansi Qardhul Hasan dengan Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 59 dan PSAK No. 101 di KSPPS BMT NU Cabang Balung Kabupaten Jember ?.
Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pembiayaan Qardhul Hasan dalam lembaga Keuangan Mikro BMT di KSPPS BMT NU Cabang Balung Kabupaten Jember; 2) Bagaimanana kesesuaian perlakuan Akuntansi Qardhul Hasan dengan Pernyataan Standart Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 59 dan No. 101 di KSPPS BMT NU Cabang Balung Kabupaten Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deksriptif. Menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan teknik pengumpulan data yang digali hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan cara terjun langsung ke lapangan dan langsung mewawancarai pihak terkait. Kemudian untuk analisis data peneliti menggunakan tiga hal, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, selain itu untuk keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian dari penelitian ini : (1) Implementasi pembiayaan Qardhul Hasan BMT NU Cabang Balung telah sesuai dengan kaidah dan prinsip Qardhul Hasan mulai dari pengajuan permohonan pinjaman Qardh, analisis nasabah, biaya administrasi nasabah, hingga prosedur pengembalian pinjaman Qardh. (2) Pada perlakuan akuntansi yang meliputi pengakuan dan pengukuran pembiayaan Al-Qardhul Hasan pada KSPPS BMT NU Cabang Balung belum sepenuhnya sesuai dengan PSAK Syariah No. 59. Karena pada KSPPS BMT NU Cabang Balung belum pernah terjadi penerimaan kelebihan pengembalian pembiayaan Al-Qardhul Hasan, apabila terdapat penerimaan kelebihan pengembalian pembiayaan Al- Qardhul Hasan akan dicatat sebagai pendapatan infaq kantor. Sedangkan pada pengungkapan pembiayaan Al-Qardhul Hasan telah sesuai dengan PSAK Syariah No.59, Namun pada PSAK Syariah No.101 penyajian pembiayaan Al-Qardhul Hasan sebagian besar tidak sesuai dengan yang dilakukan oleh KSPPS BMT NU Cabang Balung. Karena berdasarkan hasil temuan KSPPS BMT NU pada pembiayaan Qardhul Hasan hanya menyajikan kedalam laporan posisi keuangan (neraca) dan laporan laba rugi, BMT NU Cabang Balung tidak menyusun Laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan kedalam laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Depositing User: Imroatus Sadidatil Izzah
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:15
Last Modified: 07 Jul 2023 08:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25406

Actions (login required)

View Item View Item