Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023

Qomariyah, Nurul (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurul Qomariyah_T20198025.pdf

Download (19MB)

Abstract

ABSTRAK
Nurul Qomariyah, 2023 : Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI MIPA di MAN Lumajang Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : Discovery learning, LKPD, sikap ilmiah, hasil belajar
Sistem ekskresi adalah materi biologi yang cukup sulit karena ada konsep dan proses yang harus dipahami oleh siswa kaitannya dengan sistem pengeluaran zat sisa dalam tubuh. Hal tersebut tidak bisa diketahui secara langsung oleh siswa karena berada dalam tubuh. Inilah yang menjadikan siswa mengalami penurunan minat dalam mempelajari materi tersebut. Sehingga siswa kurang maksimal dalam membentuk sikap ilmiah dan berdampak pada penurunan hasil belajar biologinya. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran untuk menambah pemahaman siswa dan membentuk suasana belajar yang menyenangkan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD.
Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan sikap ilmiah siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023; 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023; 3) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD pada materi sistem ekskresi terhadap sikap ilmiah siswa kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023; 4) Mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD pada materi sistem ekskresi terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen, desain Quasi experimental design dengan bentuk Nonequivalent Group Posttest Only Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, terpilih kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sikap ilmiah kelas eksperimen mendapatkan skor rata-rata lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 193,57 sedangkan kelas kontrol mendapatkan skor rata-rata sikap ilmiah sebesar 172,14. Distribusi frekuensi sikap ilmiah kelas eksperimen dengan kategori sangat tinggi sebesar 28,57%, tinggi sebesar 57,14%, cukup tinggi sebesar 14,29%, rendah dan sangat rendah sebesar 0%. Sedangkan distribusi frekuensi sikap ilmiah kelas kontrol dengan kategori sangat tinggi 0%, tinggi 52,38%, cukup tinggi sebesar 47,62%, rendah dan sangat rendah sebesar 0%; 2) Nilai rata-rata hasil belajar biologi kelas eksperimen juga lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 85,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 76,90. Distribusi frekuensi hasil belajar biologi kelas eksperimen dengan kategori sangat tinggi sebesar 82,14%, tinggi sebesar 17,86%, cukup tinggi, rendah dan sangat rendah sebesar 0%. Sedangkan distribusi frekuensi hasil belajar biologi kelas kontrol dengan kategori sangat tinggi 47,62%, tinggi 52,38%, cukup tinggi, rendah dan sangat rendah sebesar 0%; 3) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD terhadap sikap ilmiah siswa kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023 dengan nilai thitung (3,361) > ttabel (2,01174) pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 47 serta nilai sig. (2-tailed) adalah 0,002 < 0,05; 4) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning berbantuan LKPD terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI MIPA di MAN Lumajang tahun pelajaran 2022/2023 dengan nilai thitung (3,286) > ttabel (2,01174) pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 47 serta nilai sig. (2-tailed) adalah 0,002 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms. Nurul Qomariyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:35
Last Modified: 07 Jul 2023 03:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25410

Actions (login required)

View Item View Item