FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMPN 2 GENDING KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO

Ningtiyas, Eka Cahya (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS VIII DI SMPN 2 GENDING KECAMATAN GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EKA CAHYA NINGTIYAS_T201910078-1.pdf

Download (14MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Cahya Ningtiyas, 2023: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Kelas VIII di SMPN 2 Gending Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo
Kata kunci: Motivasi Belajar, Faktor-Faktor Motivasi Belajar
Motivasi belajar dipengaruhi oleh berbagai macam faktor. Faktor-faktor motivasi belajar dapat berasal dari dalam individu (faktor internal) maupun di luar individu (faktor eksternal). Faktor internal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yakni minat belajar, ekspektasi belajar, dan tujuan belajar. Faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yakni lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh secara parsial faktor minat belajar, ekspektasi belajar, tujuan belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Gending. (2) menjelaskan pengaruh secara simultan faktor minat belajar, ekspektasi belajar, tujuan belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Gending. (3) menjelaskan faktor-faktor yang paling dominan mempengaruhi motivasi belajar pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Gending.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket atau kuesioner. Populasi berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan tektik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 63 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS version 25.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh secara parsial terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Gending. Hasil uji t variabel lingkungan sekolah diperoleh nilai signifikan = 0,000 lebih kecil dari ɑ = 0,05 yang berarti secara parsial variabel lingkungan sekolah (X5) berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa (Y). (2) terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar, ekspektasi belajar, tujuan belajar, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah secara simultan terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas VIII di SMPN 2 Gending. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis uji F yang diperoleh nilai F = 12,132 lebih besar dari ɑ = 0,05. (3) faktor yang paling dominan yakni faktor lingkungan sekolah memiliki nilai standardized coefficients beta = 0,471 lebih besar dari ɑ = 0,05 dari keseluruhan varians. Faktor lingkungan sekolah mempengaruhi motivasi belajar siswa dan sisanya dipengaruhi faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Eka Cahya Ningtiyas
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:44
Last Modified: 07 Jul 2023 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25411

Actions (login required)

View Item View Item