Analisis Manajemen Laboratorium IPA Di MTs Negeri 1 Jember

Kusuma, Eka Youlanda (2023) Analisis Manajemen Laboratorium IPA Di MTs Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
EKA YOULANDA KUSUMA_T201910030 (1).pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK
Eka Youlanda Kusuma, 2023 : Analisis Manajemen Laboratorium IPA di MTs Negeri 1 Jember.
Kata Kunci : Manajemen, Laboratorium, Laboran dan IPA.
Manajemen laboratorium IPA di sekolah MTs Negeri 1 Jember sudah dilakukan dari awal mula adanya laboratorium tersebut. Dalam mengelola laboratorium IPA di MTs Negeri 1 Jember terdapat beberapa faktor penghambat yang harus ditindak lanjutkan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian untuk mengetahui bagaimana Manajemen laboratorium IPA yang ada di MTs Negeri 1 Jember.
Fokus masalah yang diteliti pada skripsi ini yaitu bagaimana manajemen laboratorium IPA di MTs Negeri 1 Jember dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen laboratorium IPA di MTs Negeri 1 Jember.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian pada skripsi ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, kepala laboratorium, guru IPA/tenaga laboran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan model Miles, Huberman, dan saldana yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan dari data yang didapatkan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukkan dalam pengelolaan laboratorium IPA di MTs Negeri 1 Jember sudah baik. Namun masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan supaya dalam manajemen laboratorium IPA dapat lebih baik lagi. Untuk faktor pendukung dalam manajemen laboratorium IPA yakni : ketersediaan sumber daya sarana dan prasarana, kerja sama yang baik, dan respon siswa yang baik. Sedangkan faktor penghambat yakni : keterbatasan dana, kurangnya tenaga laboran, dan laboratorium yang beralih fungsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Eka Youlanda Kusuma
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:41
Last Modified: 07 Jul 2023 01:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25416

Actions (login required)

View Item View Item