Pendekatan Majelis Taklim Nurul Ihsan Dalam Merealisasikan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang

Iftitachul, Musta'adah (2023) Pendekatan Majelis Taklim Nurul Ihsan Dalam Merealisasikan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iftitachul Musta'adah_D20194046.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Iftitachul Musta’adah, 2023: Pendekatan Majelis Taklim Nurul Ihsan Dalam Merealisasikan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang.
Kata Kunci: Majelis Taklim, Ukhuwah Islamiyah
Islam adalah agama yang sempurna, yang merupakan agama penyempurna dari agama-agama sebelumnya. Perkembangan agama islam yang disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW di Madinah kemudian berkembang keseluruh penjuru dunia tidak lain adalah proses dakwah.
Dalam proses berdakwah pasti mempunyai pendekatan strategi khusus agar pengemban dakwah bisa menerima dengan baik proses dakwah tersebut. Oleh karena itu untuk mempermudah dakwah islam maka dibentuklah suatu organisasi yang dapat menjadi kekuatan ummat yang disusun dalam satu kesatuan. Dalam memperoleh persatuan dan kesatuan tersebut maka ukhuwah Islamiyah di dalam masyarakat perlu ditingkatkan Yayasan Nurul Ihsan mempunyai tujuan untuk mengembangkan suatu wadah yang murni sebagai hasil ide, fikiran, dan karya mereka sendiri untuk mempererat silaturahmi sesama makhluk hidup.
Berdasarkan latarbelakang di atas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1) Apa pendekatan yang digunakan Majelis Taklim Nurul Ihsan Dalam Merealisasiskan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang? 2) Bagaimana bentuk kegiatan Majelis Taklim Nurul Ihsan Dalam Merealisasikan Ukhuwah Islamiyah Di Desa Gesang Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pendekatan yang dilakukan oleh Majelis Taklim Nurul Ihsan dalam merealisasikan Ukhuwah Islamiyah. 2) Untuk mengetahui bentuk kegiatan Majelis Taklim Nurul Ihsan dalam merealisasikan Ukhuwah Islamiyah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Dalam menentukan informan peneliti menggunakan teknik purposive yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui informasi terkait permasalahan yang akan diteliti. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Majlis taklim nurul ihsan melakukan pendekatan kepada masyarakat melalui dua pendekatan yaitu pendekatan secara sosial dan pendekatan secara psikologis. Pada pendekatan sosiologis, Majlis Taklim Nurul Ihsan mengaplikasikan melalui pendekatan pendidikan, budaya, politik, dan ekonomi, 2) Pada pendekatan psikologis pihak Majelis Taklim Nurul Ihsan mengadakan bebabagai kegiatan kegaamaan yang bersifat rohani. Dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyah masyarakah Desa Gesang, dapat dilihat dari kegiatan yang dilakukan oleh majelis taklim nurul ihsan dengan cara mengadakan kegiatan harian, mingguan, bulanan hingga tahunan. Kegiatan ini sangat mempengaruhi dalam meningkatkan ukhuwah Islamiyah masyarakat di Desa Gesang, dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan pemahaman dan memberikan pengaruh positif bagi yang mengikutinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mrs Iftitachul Musta'adah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:00
Last Modified: 07 Jul 2023 07:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25420

Actions (login required)

View Item View Item