PENGEMBANGAN HANDOUT BIOTEKNOLOGI DAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus var. florida) DI KALIPUTIH RAMBIPUJI UNTUK SISWA KELAS XII DI MA ANNURIYYAH RAMBIPUJI JEMBER

Neriyati, Nur Zeni (2023) PENGEMBANGAN HANDOUT BIOTEKNOLOGI DAN BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH (Pleurotus ostreatus var. florida) DI KALIPUTIH RAMBIPUJI UNTUK SISWA KELAS XII DI MA ANNURIYYAH RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NUR ZENI NERIYATI_T20198109.pdf

Download (13MB)

Abstract

Nur Zeni Neriyati. 2023. Pengembangan Handout Bioteknologi dan Budidaya Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus var. florida) di Kaliputih Rambipuji untuk Siswa Kelas XII di MA Annuriyyah Rambipuji Jember
Kata Kunci: Handout, Bioteknologi, Budidaya Jamur Tiram Putih
Materi bioteknologi memiliki cakupan pokok materi yang cukup banyak dan rumit. Berdasarkan hasil wawancara dengan Bapak Wiwik selaku guru biologi di MA Annnuriyyah Rambipuji Jember, bahwa bahan ajar yang digunakan yaitu hanya LKS dan peserta didik sebagian besar dari pondok pesantren dengan kegiatan yang sangat ketat. Hal tersebut menyebabkan peserta didik memiliki waktu yang sedikit untuk mempelajari biologi khususnya bioteknologi sehingga peserta didik kesulitan dan memahami sekilas dengan konsep yang belum konkrit serta mudah lupa dengan materi yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu diperlukan inovasi bahan ajar yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Bahan ajar yang menarik bisa didapatkan melalui potensi di sekitar lingkungan peserta didik. Desa Kaliputih, Rambipuji memiliki potensi yang tinggi yaitu jamur tiram putih. Adanya potensi jamur tiram putih dapat digunakan sebagai penerapan dari materi bioteknologi.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan validitas handout bioteknologi dan budidaya jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus var. florida) di Kaliputih Rambipuji untuk Siswa Kelas XII di MA Annuriyyah Rambipuji Jember. 2) Mendeskripsikan respon peserta didik terhadap handout bioteknologi dan budidaya jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus var. florida) di Kaliputih Rambipuji untuk Siswa Kelas XII di MA Annuriyyah Rambipuji Jember. 3) Mengukur tingkat keefektifan handout bioteknologi dan budidaya jamur tiram putih (Pleurotus ostreatus var. florida) di Kaliputih Rambipuji untuk Siswa Kelas XII di MA Annuriyyah Rambipuji Jember.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di MA Annuriyyah Rambipuji Jember. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar angket, dan lembar pretest-posttest. Dalam penelitian ini menggunakan 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 1 validator ahli bahasa, 1 validator ahli soal pretest-posttest, 1 guru biologi, dan siswa kelas XII di MA Annuriyyah Rambipuji Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Rata-rata persentase hasil validasi ahli materi yaitu 93,1%, validasi ahli media yaitu 94,4%, validasi ahli bahasa yaitu 98,9%, validasi ahli pretest-posttest yaitu 97,5%, validasi guru biologi yaitu 98,8%. 2) Rata-rata persentase angket respon siswa yaitu 91,7%. 3) Keefektifan produk diperoleh dari T-Test dan N-Gain yaitu 0,76 maka dapat disimpulkan bahwasanya bahan ajar handout dikategorikan tinggi atau efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mahasiswa Nur Zeni Neriyati
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:25
Last Modified: 07 Jul 2023 01:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25424

Actions (login required)

View Item View Item