Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card pada Materi Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Jember

Chasanah, Uswatun (2023) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Card pada Materi Tata Surya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII di MTsN 1 Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
USWATUN CHASANAH_T201910010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar pada mata pelajaran IPA khususnya di kelas VII MTsN 1 Jember materi Tata Surya masih dikatakan rendah dan cara mengajar guru IPA hanya menggunakan metode konvensional pada materi tersebut. Perlu adanya upaya pendidik untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Model TGT merupakan salah satu model pembelajaran yang di dalamnya terdapat diskusi yang mengarah ke bentuk kerjasama dengan kelompok. Selain itu, model ini juga terdapat unsur permainan yang dapat dijadikan alternatif dalam proses belajar mengajar.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Apakah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Card pada materi Tata Surya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Jember?
Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Card pada materi Tata Surya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di MTsN 1 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitian yang diterapkan yaitu eksperimen semu (Quasi Eksperiment) dengan pola Nonequivalent Group Post-test Only Design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh peserta didik MTsN 1 Jember dengan sampel sebanyak 32 peserta didik dari kelas VII-B sebagai kelompok eksperimen dan 32 peserta didik dari kelas VII-C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan purposive sampling dan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik tes.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa: hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen dilihat dari rata-rata posttest adalah 83,13 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata posttest yang diperoleh adalah 70,63. Selain itu, nilai uji Mann Whitney U menujukkan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Question Card pada materi Tata Surya terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII di
MTsN 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Tata Surya, Hasil Belajar
Subjects: 02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020102 Astronomical and Space Instrumentation
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020104 Galactic Astronomy
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020108 Planetary Science (excl. Extraterrestrial Geology)
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020109 Space and Solar Physics
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020110 Stellar Astronomy and Planetary Systems
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020111 Islamic Astronomy (Falak) > 02011104 Solar and Lunar Eclipse
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Uswatun Chasanah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:55
Last Modified: 07 Jul 2023 06:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25428

Actions (login required)

View Item View Item