Penerapan akuntansi keuangan dana desa (dd)pada apbdes Desa Jambesari Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso

Sari, Yuli Puspita (2023) Penerapan akuntansi keuangan dana desa (dd)pada apbdes Desa Jambesari Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuli Puspita Sari_E20193025.pdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dana Desa mampu meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan desa melalui peningkatan pelayanan publik desa, memajukan perekonomian desa, mengatasi kesenjangan pembangunan desa serta memperkuat masyarakat desa sebagai subjek dari pembangunan. Dalam meningkatkan pemerataan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa tidak terlepas dari APBDes. Dalam pelaksanaan dan pengelolaan Keuangan Desa harus dikelola berdasarkan asas-asas transparan, akuntabel, partisipatif serta dilakukan dengan tertib dan disiplin anggaran, dan dikelola dalam masa 1 (satu) tahun anggaran yakni mulai tanggal 1 Januari sampai dengan 31 Desember dalam tahun berjalan tersebut. Namun meskipun pengelolaan Dana Desa ini telah diatur sedemikian rapih, tetap saja ada kemungkinan-kemungkinan dalam pengelolaannya yang tidak sesuai dengan tuntunan dan arahan dari pemerintah pusat. Karena dalam beberapa kasus terakhir, terjadi penyelewengan dana desa oleh aparat desa.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan akuntansi keuangan dana desa pada APBDes Desa Jambesari kecamatan Jambesari Darus Sholah kabupaten Bondowoso? 2) Bagaimana transparansi laporan keuangan dana desa pada APBDes Desa Jambesari kecamatan Jambesari Darus Sholah kabupaten Bondowoso oleh pemerintahan desa?
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menjelaskan tentang Penerapan akuntansi keuangan dana desa pada APBDes Desa Jambesari kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso. 2) untuk menganalisis laporan keuangan dana desa pada APBDes Desa Jambesari Kecamatan Jambesari Darus Sholah Kabupaten Bondowoso apakah sudah transparansi atau tidak terhadap masyarakat.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis penelitian ini berupa penerapan akuntansi keuangan dana desa pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Penerapan akuntansi keuangan dana desa di Desa Jambesari sudah melaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Desa dan siklus Akuntansi yang meliputi tahap pencatatan, penggolongan, pengikhtisaran dan pelaporan. 2) di dalam transparansi laporan keuangan dana desanya, Desa Jambesari transparansi kepada masyarakat, hal ini dibuktikan dari pengelolaan keuangan dana desa yang dilakukan secara terbuka (Bebas), seperti halnya dalam penyusunan RPJM Desa dan pada tahap-tahap dalam mengelola keuangan dana desa.
Kata kunci:akuntansi keuangan; dana desa; apbdes

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150102 Auditing and Accountability
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs. Yuli Puspita Sari/YPS Sari
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:39
Last Modified: 07 Jul 2023 06:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25434

Actions (login required)

View Item View Item