Fenomena Sistem Family Firm Terhadap Keberlangsungan UMKM Tempe Di Desa Rambipuji Kabupaten Jember

Ma'rifatus, Dian (2023) Fenomena Sistem Family Firm Terhadap Keberlangsungan UMKM Tempe Di Desa Rambipuji Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SRIPSI Dian Ma’rifatus Sholeha FIX watermak.pdf

Download (2MB)

Abstract

UMKM di Indonesia menjadi bagian yang penting dari sistem perekonomian. UMKM merupakan unit-unit usaha yang lebih banyak jumlahnya dibandingkan usaha industri berskala besar. UMKM di Indonesia memiliki peran yang strategis bagi pemerintah dalam upaya membantu mengurangi jumlah kemiskinan dan pengangguran saat ini. Khususnya di Desa Rambipuji yang menarik perhatian dengan berkembangnya UMKM tempe yang menggunakan sistem family firm. bisnis keluarga adalah perusahaan yang dimiliki, dikendalikan, dan dioperasikan oleh anggota dari satu atau beberapa keluarga. Bisnis keluarga saat ini menempati posisi penting dalam perekonomian suatu negara, dalam bentuk kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, produk domestik bruto, jumlah unit usaha, pembayaran pajak, memenuhi kebutuhan barang dan jasa, dan memberdayakan masyarakat. Di Indonesia sendiri jumlah perusahaan keluarga memegang peranan yang sangat strategis terhadap perekonomian nasional.
Fokus penelitian yang diteliti adalah: (1) Bagaimana fenomena sistem Family Firm Terhadap keberlangsungan UMKM Tempe Di Desa Rambipuji Kabupaten Jember? (2) Apa manfaat sistem Family Firm terhadap keberlangsungan UMKM Tempe Di Desa Rambipuji Kabupaten Jember?
Tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana sistem family firm terhadap UMKM yang ada di Desa Rambipuji khususnya UMKM tempe. (2) Untuk memahami bagaimana pentingnya sistem family firm di terapkan dengan pertimbangan manfaat bagi seseorang dalam menjalankan usaha.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualititatif , sedangkan jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif etnografi dan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Desa Rambipuji Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan keabsahan data. Penentuan informan menggunakan teknik purposive.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa: (1) Usaha tempe yang dijalankan masyarakat Desa Rambipuji menggunakan sistem family firm. Sistem family firm ini yaitu dimana pengendalian dan pengelolaan usahanya ditangani keluarga serta adanya adat turun temurun yang mewariskan usahanya dari generasi ke generasi. (2) Usaha besar maupun kecil akan lebih terkendali dengan adanya sistem ini. Pengaruhnya terhadap keberlangsungan UMKM Tempe dengan adanya sistem family firm yaitu membantu dalam bidang ketenaga kerjaan, proses produksi, dan kepemimpinan dan mengelolah usaha.
Kata Kunci: Family Firm, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms DIAN MA'RIFATUS SHOLEHA AGUSTIN
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:05
Last Modified: 07 Jul 2023 07:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25439

Actions (login required)

View Item View Item