IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN SISTEM BERBASIS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DI TINGKAT PENDIDIKAN MADRASAH PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN JEMBER

Dewa, Pasai Syahri (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN SISTEM BERBASIS EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DI TINGKAT PENDIDIKAN MADRASAH PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (PASAI SYAHRI DEWA_T20193051)
PASAI SYAHRI DEWA_T20193051.pdf

Download (152MB)

Abstract

Pasai Syahri Dewa, 2023. Implementasi Kebijakan Penggunaan Sistem Berbasis Education Management Information System (EMIS) Di Tingkat Pendidikan Madrasah Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, Sistem Informasi Manajemen, EMIS

Penelitian ini didasarkan oleh perkembangan revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan kemajuan teknologi informasi, sehingga membawa revolusi pendidikan 4.0 sebagai permulaan sistem informasi manajemen pendidikan yang awal mulanya untuk optimalisasi penggunaan teknologi terhadap penyelenggaraan pendidikan melalui basis data. Kementerian agama menerbitkan sistem informasi manajemen pendidikan yang bernama EMIS, dengan maksud untuk menjawab revolusi dalam kemajuan teknologi dan informasi sehingga diharapkan semua cakupan data pendidikan dapat diperoleh melalui basis data yang terintegrasi berdasarkan ketentuan kebijakan pengelolaan data pendidikan.
Fokus penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses perencanaan kebijakan dalam penggunaan EMIS pada pendidikan madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember? (2) Bagaimana proses pelaksanaan kebijakan dalam penggunaan EMIS pada pendidikan madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember? (3) Bagaimana proses evaluasi kebijakan dalam penggunaan EMIS pada pendidikan madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan kebijakan dalam penggunaan EMIS pada pendidikan madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan dalam penggunaan EMIS pada pendidikan madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi kebijakan dalam penggunaan EMIS pada pendidikan madrasah di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan metode purposive. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya meliputi pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yakni triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kebijakan penggunaan EMIS dilakukan oleh seksi pendidikan madrasah dengan mengkomunikasikan kebijakan penggunaan EMIS lalu dilanjutkan dengan perancangan kebijakan penggunaan EMIS, Lembaga Pendidikan Madrasah RA, MI, MTS, dan MA hanya menetapkan kebutuhan data EMIS. (2) pelaksanaan kebijakan penggunaan EMIS dilaksanakan oleh seksi pendidikan madrasah dengan melakukan implementasi kebijakan penggunaan EMIS, Lembaga Pendidikan Madrasah RA, MI, MTS, dan MA melaksanakan implementasi penggunaan EMIS. (3) evaluasi kebijakan penggunaan EMIS di seksi pendidikan madrasah terdiri dari kelebihan dan kekurangan kebijakan penggunaan EMIS, Lembaga Pendidikan Madrasah RA, MI, MTS, dan MA mengevaluasi kebijakan lembaga madrasah berbasis data EMIS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130306 Educational Technology and Computing
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1605 Policy and Administration > 160506 Education Policy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Pasai Syahri Dewa
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:43
Last Modified: 10 Jul 2023 04:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25460

Actions (login required)

View Item View Item