PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 03 JEMBER

Lazuardi, Kautsar (2023) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 03 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KAUTSAR LAZUARDI SABILA_(T20193146).pdf

Download (3MB)

Abstract

Supervisi kepala madrasah adalah pembinaan yang diberikan kepala madrasah terhadap seluruh tenaga pendidik madrasah agar dapat meningkatkan kinerjanya dalam memajukan situasi pembelajaran yang lebih baik.
Adapun fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana perencanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 03 Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 03 Jember?, 3) Bagaimana evaluasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 03 Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 03 Jember, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 03 Jember, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTsN 03 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Tahap penelitian dalam penelitian ini yaitu persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan.
Adapun hasil penelitian ini 1) Kepala madrasah sebagai supervisor dalam merencanakan supervisi untuk meningkatkan profesionalisme guru yaitu dengan menyiapkan instrumen atau dokumen-dokumen pendukung supervisi akademik, menentukan guru serta menyiapkan administrasi pembelajaran guru dan menentukan jadwal pelaksanaan supervisi. 2) Kepala madrasah sebagai supervisor dalam melaksanakan supervisi untuk meningkatkan profesionalisme guru yaitu dengan melakukan rapat sosialisasi dan membuat jadwal pelaksanaanya selanjutnya pelaksanaan supervisi akademik. Dalam pelaksanaanya Kepala madrasah menggunankan teknik individu seperti kunjangan kelas dan pertemuan pribadi antar guru yang akan disupervisi. Kepala madrasah juga memakai teknik kelompok diantaranya dengan rapat dewan guru, Tahap yang terakhir kepala madrasah akan membina dan memberitahukan letak kekurangan guru. 3) Kepala madrasah sebagai supervisor dalam evaluasi supervisi untuk meningkatkan profesionalisme guru yaitu dengan mengamatai kinerja guru, menganalisis atau mengukur apakah ada dampak positif dari supervisi kepala madrasah, mengikutsertakan atau menugaskan guru untuk mengikuti berbagai diklat serta pembinaan yang bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru MTsN 03 Jember.
Kata Kunci :Supervisi, Supervisor, Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Kautsar Lazuardi
Date Deposited: 07 Jul 2023 03:38
Last Modified: 07 Jul 2023 03:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item