Analisis Perilaku Nasabah Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) DI BANK BRI KANTOR CABANG JEMBER

AZHIZHAH, UMMUL (2020) Analisis Perilaku Nasabah Dalam Pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) DI BANK BRI KANTOR CABANG JEMBER. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
UMMUL AZHIZHAH_E20161150. pdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Ummul Azhizhah, Nurul Setianingrum, SE., M. M 2023: Analisis Perilaku Nasabah Terhadap Pembiayaan (KPR) di Bank BRI Kantor Cabang Jember

Perilaku Nasabah adalah interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku dan kejadian disekitar kita, yaitu tempat manusia melakukan aspek pertukaran didalam hidup mereka. Diantara berbagai macam produk yang ditawarkan oleh pihak bank BRI Kantor Cabang Jember, salah satunya yakni dengan adanya pembiayaan KPR yang sangat menarik minat nasabah dalam memenuhi kebutuhan atas hunian.
Fokus Penelitian ini adalah Bagaimana perilaku nasabah dalam pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank BRI Kantor Cabang Jember, Apa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam pembiayaan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di Bank BRI Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku nasabah dalam memahami perilaku nasabah dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku nasabah dalam memutuskan pemilihan produk pembiayaan KPR di Bank BRI Kantor Cabang Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan.
Dalam pengumpulan data bersumber dari lapangan, melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field risearch dengan teknis analisis deskriptif kualitatif dan purposive sampling serta untuk keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap nasabah memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda dalam memilih pembiayaan KPR. Beberapa sifat nasabah yang harus diketahui adalah nasabah dianggap raja, mau di penuhi kebutuhan dan keinginannya, tidak mau didebat atau disinggung, nasabah mau di perhatikan dan nasabah adalah sumber pendapatan bank. Selain itu terdapat tiga faktor yang dapat mempengaruhi perilaku nasabah diantaranya adalah faktor kebudayaan, sosial, dan pribadi terdapat dua yang paling dominan yakni faktor sosial dan pribadi.

Kata kunci: Perilaku Nasabah, Pembiayaan KPR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150205 Investment and Risk Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150302 Business Information Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms UMMUL AZHIZHAH
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:33
Last Modified: 07 Jul 2023 07:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25478

Actions (login required)

View Item View Item