Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023

Faradila, Ana (2023) Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANA FARADILA_T20199010.pdf

Download (8MB)

Abstract

Ana Faradila, 2023 : Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : Model Flipped Classroom, Motivasi Belajar, Pelajaran IPS
Penerapan model flipped classroom diharapkan siswa akan terlatih lebih aktif dan partisipatif di dalam proses belajar mengajar sehingga siswa dapat termotivasi lagi untuk lebih berprestasi dalam belajar. Penerapan model yang memindahkan informasi keluar dari kelas dan asimilasi informasi ke dalam kelas agar siswa belajar dengan dominan dan lebih aktif. Model flipeed classroom terhadap motivasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Jenggawah tersebut yaitu guru melakukan pengajaran menggunakan model flipped classroom kepada siswa agar mereka lebih aktif sehingga bisa termotivasi dalam belajar. Bentuk pengajaran model flipped classroom dalam ilmu pengetahuan sosial yang diberikan ialah siswa sebelum tatap muka di minta belajar sendiri di rumah mengenai materi untuk pertemuan berikutnya.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh model flipped classroom terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2022/2023? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model flipped classroom terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah tahun pelajaran 2022/2023?
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eperimental Design dengan jenis nonequivalent control group design. Populasi yang diambil dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 33 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 33 siswa di SMP Negeri 1 Jenggawah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan yang dilakukan dalam pengambilan sampel ini berdasarkan pada hasil angket siswa yang hampir sama.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model flipped classroom terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah. Adanya pengaruh tersebut dibuktikan dengan hasil analisis dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-T yaitu Independent Sampel T-test yang mana hasil analisis tersebut diperoleh hasil sig (2-tailed) sebesar 0,001. Hal ini menunjukkan bahwa sig (2-tailed) <0,05 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternativ (Ha) diterima. Artinya terdapat pengaruh yang siginifikan antara pengaruh bleanded learning model flipped classroom terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Jenggawah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ana Faradila
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:19
Last Modified: 07 Jul 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25482

Actions (login required)

View Item View Item