Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan di SMK Teknologi Balung Jember

Qomariyah, Lailatul (2023) Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan di SMK Teknologi Balung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Qomariyah_T20193030.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Lailatul Qomariyah, 2023: Implementasi Kebijakan Pendidikan Sistem Ganda Untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan di SMK Teknologi Balung Jember.
Kata Kunci: Pendidikan Sistem Ganda, Kompetensi Lulusan
Pendidikan Sistem Ganda adalah suatu program pembelajaran yang memadukan pendidikan yang ada di sekolah dengan penguasaan keterampilan yang ada di Dunia Usaha atau Dunia Industri (DU/DI) untuk menghasilkan peserta didik yang memiliki keahlian profesional di dunia kerja. Hingga saat ini pemerintah menaruh harapan besar kepada SMK untuk mencetak lulusan yang memiliki keahlian yang dibutuhkan tenaga kerja karena SMK menempati posisi tertinggi tingkat pengangguran di Indonesia. Oleh karena itu, salah satu strategi dalam mengatasi hal tersebut yakni dengan mengadakan program kebijakan pendidikan sistem ganda yang diharapkan bisa menunjang kompetensi atau keahlian lulusan SMK.
Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Teknologi Balung Jember. 2) Bagaimana evaluasi kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Teknologi Balung Jember. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini 1) Untuk Mendeskripsikan pelaksanaan kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Teknologi Balung Jember. 2) Untuk Mendeskripsikan evaluasi kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Teknologi Balung Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, Subjek penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling dengan sumber data dari Kepala Sekolah, Waka Humas, Waka Kurikulum dan Siswa, Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif interaktif Miles, Huberman dengan pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik.
Penelitian ini menghasilkan fakta-fakta sebagai berikut: 1) Pelaksanaan kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Teknologi Balung Jember menggunakan model Block Release yang dilaksanakan selama enam bulan dengan melakukan pendistribusian siswa dan pembimbing yang ditempatkan di berbagai dunia usaha dan dunia industri sesuai dengan kejuruan yang ditempuh dan dilanjutkan pembekalan agar siswa mengetahui informasi dunia usaha/ dunia industri, waktu pelaksanaan dan aturan-aturan yang harus diikuti serta melakukan monitoring secara berkala selama pelaksanaan pendidikan sistem ganda. Hasil dari terlaksananya PSG dikembangkan dan diujikan oleh ujian kompetensi profesi atau disebut LSP (lembaga sertifikasi profesi) melalui UKK (Uji Kompetensi Keahlian) dengan mengacu kepada SKKNI. 2) Evaluasi kebijakan pendidikan sistem ganda untuk meningkatkan kompetensi lulusan di SMK Teknologi Balung Jember sebagai tindakan berupa penilaian terhadap efektivitas dan efisiensi pelaksanaan pendidikan sistem ganda agar dapat dioptimalkan pada tahun pelajaran selanjutnya Evaluasi ini dilaksanakan setelah monitoring dengan merujuk kepada data-data ketika proses monitoring evaluasi kinerja dari siswa, dan evaluasi dari laporan-laporan siswa seperti jurnal jobsheet dan absensi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Lailatul Qomariyah
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:39
Last Modified: 07 Jul 2023 07:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25484

Actions (login required)

View Item View Item