Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdafar di BEI Periode 2022

Izam, Muhammad Syahrul (2023) Pengaruh Rasio Likuiditas dan Rasio Solvabilitas Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdafar di BEI Periode 2022. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Syahrul Izam_E20193158.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Syahrul Izam, Mohammad Mirza Pratama, 2023: pengaruh rasio likuiditas dan solvabilitas terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI Periode 2022.
Perkembangan ekonomi pada era globalisasi saat ini mendorong pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia. Semakin baik pertumbuhan ekonomi di Indonesia yang diakibatkan oleh perusahaan-perusahaan di dalamnya, maka hal ini akan membuat para investor untuk menanamkan modalnya pada Bursa efek Indonesia. Perusahaan manufaktur adalah sektor perusahaan yang mendorong laju perekonomian di Indonesia saat sektor lainnya sedang stagnan atau merugi akibat pandemi covid-19. Kinerja perusahaan merupakan suatu gambaran tentang kondisi keuangan suatu perusahaan yang dianalisis dengan alat-alat analisis keuangan, sehingga dapat diketahui sehat tidaknya kondisi suatu perusahaan yang menggambarkan prestasi suatu periode. Dengan menganilisis laporan keuangan suatu perusahaan kita mendapatkan pemahaman tentang kondisi perusahaat tersebut, apakah perusahaan tersebut sedang sehat atau tidak. Alat analisis yang dipakai pada penelitian ini adalah rasio likuiditas dan rasio solvabilitas.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1. Apakah rasio likuiditas berpengaruh secara parsial terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2022?. 2. Apakah rasio solvabilitas berpengaruh secara parsial terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2022?. 3. Apakah rasio likuiditas dan rasio solvabilitas berpengaruh secara simultan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2022?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu : 1. Untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas secara parsial terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2022. 2. Untuk mengetahui pengaruh rasio solvabilitas secara parsial terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2022. 3. Untuk mengetahui pengaruh rasio likuiditas dan rasio solvabilitas secara simultan terhadap kinerja keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan 30 daftar perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI 2022 sebagai data populasi sekaligus sebagai sampel, karena pada penelitian ini menggunakan jenis sampel jenuh yang mana keseluruhan dari data populasi dijadikan sampel. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda dengan software SPSS25.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel current ratio tidak berpengaruh terhadap return on asset dan variabel debt to equity ratio tidak berpengaruh terhadap return on asset.
Kata kunci : Current Ratio, Debt to Equity Ratio dan return on asset

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150113 Stock Exchange
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150115 Sharia Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Syahrul Izam
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:03
Last Modified: 07 Jul 2023 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25486

Actions (login required)

View Item View Item